TIPS PENGENDALIAN LEBAH YANG AMAN

Lebah tergolong ke dalam serangga sosial, memiliki pembagian tugas yang jelas, teratur dan canggih, namun pada kondisi tertentu, keberadaan lebah dan sarangnya dapat menimbulkan gangguan, karena itu perlu dilakukan tindakan pengendalian lebah, yang tidak hanya efektif dan efisien, namun juga aman, terutama bagi operatornya.

Studi kasus pengendalian lebah:Investigasi lebah/hornet

Pada tanggal 1 Mei 2014, operator pest control (pest control operation) tewas setelah diserang oleh kawanan lebah yang menyerangnya tanpa ampun, menyengat lebih dari 100 kali pada tubuh dan mukanya.

Tindakan pencegahan:

1. Jaga jarak Anda paling tidak 10 meter dari sarang lebah/hornet.

2. Jangan bergerak berjalan secara lurus menuju sarang lebah

3. Lakukan inspeksi jalur terbang lebah, jika lebah atau hornet berada dalam status ‘frenzy mode’     tunggulah sampai keadaan lebih tenang (< 30 menit), sebelum melakukan inspeksi pada               sarangnya.

Apa yang dimaksud dengan ‘frenzy mode’ pada lebah? ialah: saat makan, bertahan, dan mencari lokasi sarang.

Tips keselamatan pengendalian lebah:

1. Pengendalian yang dilakukan pada malam hari, jauh lebih aman. Akan tetapi, jika anda                 mempunyai perlengkapan pelindung yang benar, anda bisa dengan aman menangani sarang         tersebut pada siang hari.

2. Jika cahaya diperlukan, lapisi lensa senter anda dengan cellophane karena lebah dan tawon         tidak bisa melihat warna ini dengan baik.

3.  Kenakan baju pelindung (APD) yang lengkap

4.  Hindari menggunakan farfum, karena dapat menarik lebah.

5.  Jika anda diserang oleh sejumlah besar serangga ini, lari dari sarang tersebut dengan                   pola zig-zag (lewati pohon atau objek-objek tetap lainnya untuk membingungkan penyerang).       Jika anda diserang satu atau dua ekor serangga ini, hindari pergerakan yang cepat dan                  bergeraklah menjauh perlahan dari sarang tersebut.

6.  Jangan lari ketika diserang oleh lebah, lebah akan mengira Anda sebagai musuh, jika Anda          lari! Sehingga lebah akan mengejar dan menyerang Anda. Pada kondisi Anda diserang,                  merunduklah atau jongkok dan lindungi kepala Anda, disertai tidak adanya                                   gerakan sampai lebah-lebah tersebut terpencar. Hal ini akan membuat Anda terserang pada         bagian tangan,   namun perlindungan kepala merupakan prioritas utama.

7. Ketika lebah-lebah tersebut terpencar, Anda dapat mencari tempat berlindung sementara           seperti mobil, misalnya, untuk pengobatan sementara, kemudian segera menghubungi petugas     medis/dokter.

8.  Chemical yang digunakan dapat berformulasi cair atau dust.

 

READ
METODE SAMPLING NYAMUK

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!