TIPS PENGENDALIAN KUTU BUSUK (BEDBUG)

TIPS PENGENDALIAN KUTU BUSUK (BEDBUG)

Tips pengendalian kutu busuk yang sangat praktis dan strategis

Kutu busuk pada saat ini menjadi serangga hama yang viral dan mengganggu, ditemukan di unit hotel, apartemen, bahkan di sofa restoran.

Dari mana datangnya kutu busuk?

  • Traveling dan tinggal di suatu hotel
  • Toko pakaian
  • Kantor
  • Membeli furniture lama atau baru
  • Ruang praktek dokter
  • Ruang penitipan
  • Tidur di pengungsian
  • Sofa restoran

Menargetkan Kutu Busuk

    Tips Pengendalian Kutu Busuk

Pertimbangkan ide-ide praktis sederhana berikut ini dalam membantu mencapai pengendalian kutu busuk yang efektif  di tempat tidur.

Menargetkan Kutu Busuk

  1. Inspeksi, Inspeksi, Inspeksi

Dengarkan penghuni mintalah informasi dari mereka dan dengan hati-hati dan teliti melakukan inspeksi ke seluruh area infestasi dengan lampu senter, untuk mengidentifikasi semua sumber infestasi. Kutu busuk kini telah ditemukan di tempat-tempat yang tidak umum seperti detektor asap, buku, peralatan elektronik, dll.

Dimana kutu busuk mengumpul?

  • Jumbai, jahitan di kasur.
  • Di dalam dan di bawah box springs
  • Rangka tempat tidur dan selimut
  • Couches dan kursi
  • Jendela dan kusen pintu.
  • Di belakang wall paper dan gambar
  • Retakan pada lantai (seperti pada lantai kayu)
  • Di bawah karpet sepanjang dinding
  • Rongga dinding di belakang saklar atau stop kontak
  • Tas, ransel, pakaian

Jika Anda Menemukan SATU kutu busuk – Sekarang Apa yang akan Anda lakukan?

Meskipun hanya melihat satu kutu busuk  melintasi kasur atau memanjat pada rangka tempat tidur dapat membuat  orang khawatir, Pest Control Operator perlu berkomunikasi dengan pelanggan bahwa sejumlah kecil kutu busuk di  tempat tidur dalam sebuah tempat tidak selalu berarti disana ada infestasi kutu busuk yang besar

Jika Anda seorang inspektor atau teknisi ketika menemukan satu atau dua ekot kutu busuk, apakah itu pertanda ada kehadiran infestasi kutu busuk yang lebih besar atau hanya satu atau beberapa kutu busuk saja yang ada dan bersembunyi di sana?

LOKASI, LOKASI, LOKASI.  Reaksi seorang pest management professional akan sangat bergantung, dimana kutu busuk tersebut ditemukan

“Di tempat umum seperti  sekolah, transportasi umum atau ruang tunggu dokter melihat satu ekor kutu busuk  bukanlah  alasan untuk panik, Kutu busuk di lokasi-lokasi ini kemungkinan terbawa masuk melalui tas ransel atau  pakaian pada pagi hari dan terbawa kembali dengan cara yang  sama pada sore hari.”

Kutu busuk yang ditemukan pada akun komersial selain hotel  tidak memiliki akses ke sumber makanan yang tersedia setiap saat/rutin – (manusia atau hewan beristirahat/tidur untuk jangka waktu yang lama)- akibatnya akan lebih sulit untuk terinfestasi/berada di area tersebut untuk waktu yang lama..

Meskipun kemampuan reproduksi kutu busuk sangat produktif, namun tidak untuk semua kondisi dapat  meningkat populasinya, terutama dalam jumlah kecil di mana betina fertil tidak ada.  Selalu ada kemungkinan terdapat banyak populasi kutu busuk lainnya, namun tindakan yang perlu diambil tidak harus seperti ketika populasi kutu busuk memang sudah mapan/terinfestasi disana.

PASTIKAN SUMBER INFESTASINYA?

Dengan tidak meremehkan jenis akun dan jumlah kutu busuk yang ditemukan,  seorang teknis/inspektur harus memiliki keingintahuan dan rasa penasaran untuk menentukan apakah satu atau dua ekor kutu busuk yang ditemukan kemungkinanny apakah terbawa dan terjatuh  di lokasi tersebut apakah berasal dari sumber infestasi yang besar yang berada tersembunyi dekat lokasi dimana kutu busuk tersebut ditemukan?

“Teknisi atau inspektur harus melakukan inspeksi dan identifikasi di mana kutu busuk paling mungkin bersembunyikan di lokasi tersebut dan melakukan inspeksi menyeluruh dan detail serta tidak ada lokasi yang terlewat.

Metode lain untuk menentukan tingkat  keparahan infestasi kutu busuk adalah dengan melaksanakan program monitoring dengan menggunakan alat monitoring, misal: interceptors. Ketika ditempatkan secara strategis di sudut ruangan atau di bawah kaki furnitur/tempat tidur, alat monitoring ini akan membantu pest control operator mengukur tingkat keparahan dan aktivitas dari potensi infestasi yang ada.

Jika sejumlah kecil kutu busuk ditemukan di sebuah rumah, teknis atau  inspektur dan teknisi memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menemukan sumber infestasi karena potensi  sumber “hot spot” (yaitu, di mana orang beristirahat untuk waktu yang lama) lebih jelas serta akses atau faktor pembawa kutu busuk kemungkinan berupa sebuah koper atau perabotan, perlengkapan tidur atau pakaian.

Pada apartemen dan kondominium melakukan identifikasi sumber infestasi sedikit rumit karena sumber  infestasi kutu busuk (bedbug) dapat berasal dari unit sebelah, di atas, di bawah atau di seberang aula. Akibatnya ruang lingkup inspeksi dan prosedur pengendalian apa pun harus lebih komprehensif dan mencakup seluruh bangunan – bukan hanya satu unit.

Ketika sejumlah kecil kutu busuk (bedbug) ditemukan di  lokasi tetapi tidak ditemukan infestasi yang banyak, pest control operator (PCO) dapat merekomendasikan program pencegahan kutu busuk (bedbug). Program pencegahan (preventive action) dapat mencakup: penggunaan alat monitoring, merapikan tumpukan barang dan merapikannya, pencucian pakaian disertai dry loundry.

Tindakan yang dapat diambil

  • Tarik napas dalam-dalam – sejumlah kecil kutu busuk pada sebuah akun tidak selalu menjadi pertanda bahwa ada infestasii besar.
  • Beberapa akun komersial – sekolah, transportasi umum, gedung perkantoran – lebih rentan terhadap temuan kutu busuk”sementara/terbawa/transient”.
  • Pemeriksaan menyeluruh pada akun/fasilitas terkait harus dilakukan untuk menentukan apakah ada infestasi yang lebih besar dan metode pengendalian apa yang akan dipilih
  • respon dari vendor pest control dalam menemukan sejumlah kecil infestasi kutu busuk harus terukur  dan fokus pada solusi yang tepat dan mencerminkan tingkat masalah yang ada.
  1. Tips Pengendalian Kutu Busuk ke-2: Kembangkan Rencana Program Pengendalian

Komunikasikan rencana treatment Anda dan harapan kepada penghuni. Selalu memprioritaskan keamanan (safety first). Treatment kutu busuk biasanya membutuhkan lebih dari satu teknisi dan seringkali memerlukan beberapa kunjungan.

  1. Mengurangi Tumpukan Barang Yang Ada

Membersihkan dan merapikan semua barang dari lantai, bagian bawah tempat tidur, dan lantai lemari. Inspeksi, lakukan treatment pada barang atau buang semua barang yang terinfeksi dengan hati-hati.

  1. Melakukan vacuuming secara menyeluruh

Vakum semua kutu busuk yang terlihat pada tempat tidur . Pindahkan furnitur 2-3 meter dari dinding. Lakukan vacuuming pada karpet hampa di seluruh ruangan, di bawah furnitur dan  lemari. Tambahkan insektisida powder atau dust ke dalam kantong/bag vacuum cleaner sebelum dibuang.

  1. Tips Pengendalian Kutu Busuk ke-5: Melakukan treatment pada sepanjang tepi karpet

Membalikkan karpet di sepanjang baseboard kemudian melakukan treatment dengan pestisida dust atau pestisida cair yang tepat pada sepanjang baseboard

  1. Tips Pengendalian Kutu Busuk ke-6: Celahan dan Retakan; Rongga Dinding

Treatment semua celahan dan retakan, dinding dan rongga furnitur, di belakang bingkai foto, belakang papan bagian depan tempat tidur serta permukaan berkarpet.

  1. Tips Pengendalian Kutu Busuk ke-7: Lakukan Treatment Pada Kasur

Lakukan treatment pada kasur dan box spring dengan insektisida yang tepat.  Tempatkan kasur dan kotak pegas yang diolah setelah pengeringan.

  1. Tips Pengendalian Kutu Busuk ke-8: Cuci & Lakukan Dry Loundry dengan Suhu Tinggi

Laundry semua seprai dan pakaian pada suhu tinggi. Tempatkan barang-barang yang tidak dapat diloundry dengan suhu tinggi.

pencarian terkait pest management:

READ
DISINFEKSI DENGAN DISINFEKTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!