TERMINIX PERINTIS PENGENDALIAN RAYAP PROFESSIONAL DUNIA

TERMINIX PERINTIS PENGENDALIAN RAYAP PROFESSIONAL DUNIA

Sejarah Terminix Perintis Pengendalian Rayap Professional Dunia  

Terminix perintis pengendalian rayap dunia
  Terminix perintis pengendalian rayap dunia (image credit: terminix.com)

Terminix perintis pengendalian rayap di dunia….sejarah itu dimulai di US beberapa puluh tahun yang lalu, sedikit yang menduga bahwa rayap yang ditemukan pada lantai customer E. L. Bruce Company membawa perusahaan ini menjadi leader di bidang pest control, 60 tahun kemudian. Sepanjang perjalanannya, Terminix membangun reputasi sebagai perintis di bidang termite control. Terminix menciptakan standar industri yang diikuti dan diadopsi oleh industri-industri lainnya.

  1. L. Bruce Co. merupakan leader dalam industri perkayuan. Di tahun 1920, lantai kayu yang diproduksinya terserang oleh rayap. Di tahun 1924, berdasarkan buku panduan yang diterbitkan oleh US Burreau of Entomology, Bruce melakukan pengendalian rayap dengan cara mengaplikasikan minyak tanah atau dengan mengaplikasikan asam carbolic dan creosote. Cara aplikasi ini dinilai kurang praktis dan tidak efektif.
  2. Di tahun 1927, E. L. Bruce mendirikan Bruce Research Laboratory. Dari sini berhasil dikembangkan metode pengawetan kayu, cara aplikasi bahan kimia sebelum instalasi dan pengujian-pengujian senyawa kimia baru. Hasilnya, senyawa kimia yang diberi nama ‘terminix’ dan metode pengendalian rayap yang dikenal dengan ‘terminix insulation’.
  3.  Setahun kemudian, Bruce-Terminix Company mulai beroperasi secara komersil di Memphis, Tennessee. Tujuannya untuk mempraktekkan ‘terminix’ dan ‘terminix insulation’. Di tahun 1930, ‘terminix’ terbukti menghentikan serangan rayap. Sejak saat itu terminix melakukan service-nya ke beberapa bagian negara untuk mengendalikan rayap.
  4. Pada tahun 1968, Ned Cook, pemilik Cook Industries Inc. membeli E. L. Bruce Co. dan divisinya, Terminix. Langkah ini merupakan awal yang baik bagi Terminix untuk memasuki industri pest control. Sejak itu Terminix melakukan ekspansi dengan menawarkan jasa pest control pada customer residential, commercial dan industrial.
  5. Di tahun 1986, Terminix melengkapi sejarahnya. Perusahaan ini dibeli oleh Service Master, sebuah perusahaan yang berpusat di Downers Grove, Illinois. Saat itu Terminix menjadi industri jasa pest control terbesar kedua di dunia.
  6. Tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1989, perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang penanganan limbah dan pertamanan mengadakan perjanjian untuk menggabungkan diri dengan Service Master. Lalu berdirilah Service Master Consumer Service Limited Partnership, yang menempatkan Terminix sebagai perusahaan pengendali hama terbesar di dunia.

 Cabang usaha terminix perintis pengendalian rayap, di Indonesia  

terminix tim motor
terminix tim motor

Di tahun 1995, PT. Agricon ditunjuk sebagai pemegang license Terminix International untuk Indonesia. Dan sejak 1 Januari 2003, Terminix membentuk badan usaha sendiri dengan nama PT Agricon Putra Citra Optima (PT. APCO). Saat ini Terminix Indonesia telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia yaitu : Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Tangerang, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar,  Makassar, Lampung, Medan, Pekanbaru, Cirebon, Batam, Samarinda, Manado,  Malang, Mojokerto, Palembang, Mataram, Papua, Timika.

Milestone Terminix Indonesia  PT. Agricon Putra Citra Optima

1969 Beroperasi bisnis pestisida sebagai pionir berdirinya Agricon Grup

1995 PT. Agricon membeli Lisensi Pest Control merek Terminix untuk Indonesia

1999 Mengoperasikan 2 kantor perwakilan cabang di Jakarta dan Bogor

2002 Berdiri perusahaan PT. Agricon Putra Citra Optima (APCO)

2004 Pemegang Lisensi Affasid Australia – Fumigasi

2007 Lisensi Terminix dari Servicemaster untuk Malaysia,Singapura & Brunei

2010 Penghargaan Perusahaan Fumigasi Terbaik Nasional

2011 Idea Rumah Award – Best Pest Solution Residensial & Sertifikasi Zero Accident Nasional dan  Kota Bogor

2014 Top Brand Award 2014 Pest Control & Best Social Marketing Award 2014, Sertifikasi Zero Accident Kota Bogor

2015 Top Brand Award 2015 Pest Control & mengoperasikan 28 perwakilan cabang di kota-kota Indonesia

2015 Sertifikasi ISO 9001 : 2008 Sistem Manajemen Mutu

2016 Top Brand Award 2016 Pest Control dan Mengoperasikan 31 Kantor cabang, 2 Satelit di Seluruh Indonesia

2016 Penghargaan Indonesia Popular Digital Brand Award

2017 Top Brand Award 2017 dan Indonesia Digital Popular Brand Award 2017

2018 Top Brand Award 2018 dan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018

2019 Indonesia Digital Popular Brand Award 2019

 

READ
Biologi rayap dan perilakunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!