Stegobium paniceum (Drugstore Beetle)

Stegobium paniceum (Drugstore Beetle)

INFORMASI UMUM: Stegobium paniceum

Stegobium paniceum
Stegobium paniceum (image credit:Patrick Kelley, Insects Limited, Inc.

 

Ciri-ciri fisik kumbang dewasa Stegobium paniceum:

  • Berbentuk oval dengan panjang tubuh 2-3 mm
  • Tubuh berwarna coklat kemerahan
  • Selubung sayap memiliki garis memanjang serta lubang-lubang yang membuat kelihatan lurik.
  • Kepala kumbang menghadap ke bawah
  • Tiga segmen terakhir antena membesar, membentuk club

Stadia larva Stegobium paniceum:

  • Larva memiliki panjang tubuh 7 mm
  • Bentuk larva melengkung seperti huruf C
  • Kepala dan tungkai berwarna coklat

Stegobium paniceum atau yang lebih dikenal dengan Drugstore Beetle tersebar secara luas di dunia dan sangat mirip dengan Lasioderma serricorneStegobium paniceum ditemukan pada obat herbal dan pharmaceuticals, kemudian mengenai asal namanya, Paniceum karena ketertarikannya terhadap roti (breads).  Stegobium paniceum memiliki bagian mulut yaitu mandible yang dapat menggerek/melubangi buku, plastik dan bahkan lapisan tipis alumunium foil.

Tanda-tanda infestasi Stegobium paniceum

Adanya terlihat serangga dewasa/imago dan bubuj halus yang ditinggalkan setelah kumbang ini makan. Larva juga dapat terdeteksi dekat sumber makanan. Kumbang ini sangat tertarik pada cahaya, lihatlah infestasi sekitar jendelas, sekitar lampu dan pencahayaan komersial.

Sumber makanan  drugstore beetle

Stegobium paniceum (The Drugstore beetle) memakan obat ( pharmaceuticals) produk makanan yang disimpan (stored food products) (misal: produk sereal, pasta, beras, buah kering, benih, ikan kering) serta banyak material organik lainnya. Selain menyerang produk-produk tersebut, Stegobium paniceum juga merupakan hama penting pada museum biasa menyerang buku, kulit sofa, mummies dan bangkai binatang. Ketertarikannya untuk memakan banyak produk membuat kumbang ini sangat berbahaya bagi museum.

Siklus hidup Stegobium paniceum (Drugstore beetle)

Siklus hidup  Drugstore beetle sangat ditentukan oleh temperatur  (misal: temperatur yang rendah membuat prosesnya lambat) serta sumber makanan. Kumbang betina meletakkan sekitar 100  telur secara acak pada makanan atau dekat sumber makanan. Telur akan menetas dalam waktu 6 sampai 10 hari. Stadia larva sekitar 35 sampai 70 hari, selama stadianya, larva memakan makanan di sekitarnya dan menghindari cahaya. Stadia pupa berlangsung 7 sampai 21 hari. Kumbang dewasa akan hidup hidup sekitar 28 hari, akan terjadi  tumpang tinding generasi khususnya pada iklim hangat.

CONTROL & TREATMENT

Solusi terbaik dalam mengendalikan Stegobium paniceum  (Drugstore beetle) dengan melakukan proses penyimpanan atau housekeeping yang teliti dan ketat. Tempat penyimpanan makanan harus diinspeksi secara rutin dan makanan harus disimpan pada wadah yang kedap.Jika infestasi hama ditemukan maka sebaiknya produk yang terinfestasi diisolasi dan material yang terinfestasi diisolasi dan dibuang. Teknik vacuuming dapat dilakukan untuk  mengambil secara fisik hama untuk kemudian kantung vacuum diisolasi dan dibuang.  Fumigasi akan sangat efektif dilakukan jika serangan atau infestasi sangat tinggi.  Monitoring dapat dilakukan dengan menggunakan insect light traps dan pheromone trap.

Photo Credit for Adult Beetle and larva: Patrick Kelley, Insects Limited, Inc.

pencarian terkait pest management:

READ
BIOLOGI TIKUS DAN PERILAKUNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

PMT Newsletter

Berlangganan informasi maknyus dari kami!

Powered by Kirim.Email