SERANGGA HAMA GUDANG

SERANGGA HAMA GUDANG

PENDAHULUAN

Hama gudang adalah hama yang menyerang produk yang disimpan, selama masa penyimpanan, biji-bijian atau bahan pangan lainnya akan mengalami penyusutan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Beberapa faktor yang langsung dapat menyebabkan kerusakan bahan pangan yang disimpan adalah serangga (SPI:stored product insects), cendawan, burung dan tikus. Pada daerah tropis seperti halnya Indonesia penyebab utama kerusakan pada biji-bijian yang disimpan adalah serangga. Serangga hama gudang biasanya ditemukan hidup pada makanan yang kering (dried products) seperti buah-buahan kering (dried fruits), rempah-rempah, terigu, sekam, kacang-kacangan, gandum, produk sereal yang telah digiling, makanan anjing, permen, makaroni, spaghetti, keju, produk-produk sejenis lainnya.

Serangga hama gudang dapat berasal dari tanaman yang masih tumbuh di lahan atau menyerang (menginfestasi) produk makanan selama dalam proses dan penyimpanan. Serangga hama gudang dapat terbang ke dalam gedung dari area luar, berasal dari area tersembunyi yang berada di area dalam seperti celahan dan retakan yang mengandung powder kemudian menginfestasi area lainnya, hama gudang juga dapat terbawa ke area dalam melalui material selain dari produk makanan, material tersebut diantaranya seperti furniture, karpet, sprei atau pada hampir semua produk yang berasal dari tanaman atau hewan. Pest control perlu mengingat beberapa sumber alternatif infestasi hama gudang ini, ketika melakukan inspeksi baik di rumah, gedung, warehouse, rumah atau fasilitas penyimpanan lainnya.

Kebanyakan spesies hama gudang berasal dari negara tropis atau subtropis, oleh karena itu serangga hama gudang akan hidup dan berkembangbiak dengan baik pada kondisi hama dan lembab, dengan hanya beberapa pengecualian bahwa hama gudang ini tidak dapat hidup lama pada kondisi temperatur yang rendah dan biasanya tidak hibernasi. Kebanyakan dari hama gudang ini beradaptasi untuk hidup pada produk dengan kelembaban yang rendah kecuali pada tungau (mites) dan Psocids (kutu buku) yang memerlukan kelembaban yang tinggi. Beberapa serangga hama gudang ada yang dapat hidup dan berkembangbiak pada suhu di atas 35 C kebanyakan tidak dapat meletakkan telur pada suhu di bawah 15C, kecuali tungau (mites) dapat berkembangbiak pada suhu 4C-10C jika kondisi kelembaban cocok, juga spider beetle sangat aktif pada temperatur ini.
Serangga hama gudang dapat dibedakan ke dalam empat golongan, berdasarkan kebiasaan makannya, pengetahuan mengenai kebiasaan hama ini, ditambah pengetahuan mengenai biologi dan perilaku hama serta kemampuan untuk mengidentifikasi hamanya adalah sangat penting bagi praktisi pengendalian hama.

KERUGIAN AKIBAT SERANGGA HAMA GUDANG

A. Kehilangan langsung
    1. Konsumsi aktual (berat, nutrisi, daya tumbuh, kerusakan fisik, nilai pasar
    2. Kontaminasi makanan

B. Secara tidak langsung
    1. Kadar air
   2. Bakteri
   3. Jamur
   4. Alflatoxin
   5. Biaya pengendalian/pencegahan
   6. Residu pestisida
   7. Kehilangan kepercayaan konsumen

PENGGOLONGAN SERANGGA HAMA GUDANG

1. Internal feeders
   Larva serangga memakan bagian dalam biji. Contoh: kumbang beras (rice weevil), granary weevil      dan angoumois  grain moth (ngengat).

2. External feeders
    Hama memakan bagian luar biji, hama ini juga memakan melalui lapisan luar dan melahap  bagian dalam. Contoh:  Kumbang tembakau (Lasioderma serricorne, kumbang kopra, lesser grain borer, drugstore beetle, flat grain beetle,  cadelle beetle.

3. Scavengers
    Scavengers memakan biji (grain) jika biji telah rusak akibat mekanis atau akibat serangga lainnya. Contoh:   Confused flour beetle, red flour beetle, dan sawtoothed grain beetle.

 

READ
Ngengat Ephestia cautella
Tribolium sp
Tribolium sp

 

4. Secondary pests
    Secondary pests hanya memakai material yang  sudah rusak, lembab, dan                 berjamur. Beberapa hama, lebih cenderung tertarik pada jamurnya daripada produknya itu sendiri.

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!