Pillbug

Pillbug

Pillbug merupakan seranggan dengan klasifikasi ilmiah:

Kingdom   : Animalia

pillbug
                                                                                        pillbug

Phylum     : Euarthropoda

Subphylum: Crustacea

Class        :  Malacostraca

Superorder: Peracarida

Order       :  Isopoda

Suborder  :  Oniscidea

Section    :  Crinocheta

Family     :  Armadillidiidae

Brandt, 1833

Armadillidiidae merupakan family dari woodlice, golongan crustacean yang aktif di daratan (terrestrial) masuk ke dalam ordo Isopoda (iso:sama; poda:kaki). Tidak seperti family lainnya pada woodlouse , Pillbug dapat membulat (roll) membentuk bola.  Kemampuan pillbug jika kita lihat dari luar hampir sama dengan millipedes namun tidak sama melipatnya dan tidak berhubungan satu dan lainnya. Kemampuannya ini membuat jenis woodlice pada familynya ini disebut dengan nama umum pill bug.

Ekologi dan perilaku Pillbug

Pill bugs dalam family Armadillidiidae mampu membentuk tubuhnya seperti bentuk bola, proses ini dikenal dengan conglobation. Perilakunya sering dikatakan mirip dengan pill millipedes, yang dapat dipicu oleh rangsangan berupa getaran atau tekanan, hal tersebut merupakan mekanisme untuk melindungi diri dari predator; hal tersebut juga mengurangi kekurangan air atau dehidrasi.

Makanan serangga pillbug  sebagian besar terdiri dari bahan tanaman yang membusuk atau terurai (terdekomposisi) seperti daun, dan pada tingkat lebih rendah, serat kayu. Serangga pillbug juga akan memakan tanaman hidup, terutama dalam kondisi basah, kadang-kadang memakan daun, batang, pucuk, akar, umbi, dan buah-buahan. Serangga pilbug dapat menjadi hama serius dalam sistem pertanian tertentu, khususnya di daerah yang rawan hujan lebat dan kondisi banjir. Pilbug akan memakan banyak tanaman termasuk jagung, kacang-kacangan, labu, kacang polong, melon, bit, mentimun, kentang, bayam, selada, dan stroberi, dengan potensi kehilangan hasil yang signifikan, stroberi khususnya. Beberapa spesies serangga pilbug diketahui memakan daging hewan atau kotoran hewan yang membusuk.

Pada ekosistem serangga ini  berperan sebagai pengurai. Mereka mampu mengambil logam berat seperti tembaga, seng, timah dan kadmium dan mengkristalisasi ini sebagai endapan bulat pada organ midgut nya. Dengan cara ini, mereka menghilangkan banyak ion logam beracun dari tanah. Pillbug juga menyediakan sumber makanan untuk burung, kodok, laba-laba, tawon, dan kelabang.

Klasifikasi Pillbug

Keluarga Armadillidiidae dibedakan dari keluarga kutu kayu (woodlouse) lainnya oleh sifat flagel antena antena dua segmen, oleh bentuk uropoda, dan oleh kemampuan untuk berguling menjadi bola. [8]

 Dalam keluarga Armadillidiidae, 15 genera saat ini diakui:

Alloschizidium

Armadillidium

Ballodillium

Cristarmadillidium

Cyphodillidium

Echinarmadillidium

Eleoniscus

Eluma

Paraschizidium

Paxodillidium

Platanosphaera

Schizidium

Trichodillidium

Troglarmadillidium

Typhlarmadillidium

READ
Kutu Buku Psocids Liposcelis spp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!