PENGGUNAAN PERANGKAP NYAMUK

PENGGUNAAN PERANGKAP NYAMUK

Pengendalian Nyamuk Terpadu Denga Penggunaan Perangkap Nyamuk  

Berbagai jenis perangkap nyamuk dirancang untuk melakukan hal yang berbeda. Berikut ini ulasan berbagai cara untuk menggunakan perangkap nyamuk dan manfaat dari penggunaan perangkap nyamuk.

Perusahaan pengendalian hama (pest control) terus menambahkan layanan pengendalian  nyamuk ke dalam penawaran mereka dan dengan hasil yang baik. Ada beberapa aspek dalam program pengendalian nyamuk yang bagus, salah satunya adalah penggunaan perangkap. Artikel ini akan fokus pada bagaimana perangkap dapat digunakan dalam  pengendalian nyamuk nyamuk, apa manfaatnya dan faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perangkap.

Ada banyak jenis perangkap nyamuk di pasaran saat ini dan penggunaan perangkap nyamuk tersebut dirancang untuk melakukan berbagai hal. Ini adalah titik kunci. Dan meskipun penggunaan perangkap nyamuk ini tampaknya perangkat sederhana, namun ilmu di belakangnya sebetulnya canggih.

Sebagian besar jebakan menarik dan menangkap nyamuk,

  1. Nyamuk betina yang mencari inang, yaitu nyamuk betina yang mencari darah untuk produksi telur
  2. Nyamuk betina yang akan bertelur (gravid female mosquitoes), nyamuk tersebut mencara genangan air untuk meletakkan telur (karenanya disebut sebagai “perangkap gravid”).

Di negara tertentu nyamuk ditangkap untuk kemudian dapat diuji, terutama untuk virus seperti west nile, zika dan beberapa lainnya.

Sebaliknya, layanan pengendalian nyamuk difokuskan pada pengendalian nyamuk dan pengurangan gangguan, bukan deteksi  patogen / penyakit, jadi jenis perangkap ini mungkin bukan jebakan pilihan tetapi menawarkan nilai pada layanan dan pelanggan dalam situasi tertentu.

Sebagai contoh perangkap dengan nama Autocidal Gravid Ovitrap (AGO) dikembangkan bebas pestisida dan menarik nyamuk betina untuk bertelur, nyamuk masuk perangkap melalui bagian atas dan terjebak di papan perekat. Untuk setiap nyamuk betina  yang terperangkap dan terbunuh, berdampak sehingga 1.200 nyamuk tambahan tidak akan diproduksi.

PENGGUNAAN & MANFAAT PERANGKAP NYAMUK

Seperti disebutkan sebelumnya, berbagai jenis perangkap dirancang untuk melakukan berbagai hal. Anda dapat memutuskan untuk menggunakan satu jenis perangkap atau beberapa jenis. Apa pun keputusan Anda, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim teknis, distributor, perwakilan penjualan atau pabrik untuk memastikan bahwa kebutuhan Anda, akan terpenuhi. Sekarang mari kita lihat beberapa kegunaan dan manfaat dari perangkap nyamuk.

perangkap nyamuk gravid trap
                          perangkap nyamuk gravid trap (Credit: Dina M. Fonseca/Rutgers University-New Brunswick)

Survei pra layanan dan Penilaian Populasi.

Sebelum memulai treatment  apa pun, perangkap dapat dipasang selama beberapa malam untuk sekadar mengetahui ukuran populasi nyamuk. Perangkap nyamuk tidak didistribusikan secara acak di properti pelanggan dan pastinya area “hotspot” yang menjadi fokus treatment Anda. Perangkap akan membantu mengidentifikasi ini. Teknik ini sangat berharga untuk properti hunian besar atau akun komersial seperti lapangan golf, kompleks apartemen, fasilitas medis besar, asosiasi pemilik rumah, dll. Ovitrap (Jebakan pencarian inang/host-seeking trap) ideal untuk ditempatkan di lokasi-lokasi ini, dan juga biasanya biayanya lebih murah, juga dapat digunakan.

Identifikasi Spesies Nyamuk.

Seperti halnya masalah hama, pemeriksaan menyeluruh dan identifikasi hama yang benar sangat penting untuk keberhasilan pengendalian nyamuk. Pelanggan cenderung memiliki lebih dari satu jenis nyamuk yang mengganggu mereka. Spesies nyamuk yang berbeda memiliki aspek biologis yang berbeda yang mempengaruhi kemampuan kita untuk mengendalikannya. Contohnya termasuk jangkauan terbang nyamuk (di mana saja dari sekitar 100 yard (91 meter) hingga sekitar 40 mil (64373.8 meter); jenis air dimana nyamuk berkembangbiak (dari air yang cukup bersih dalam wadah buatan hingga air dengan kandungan organik tinggi hingga air garam); dan jam berapa mereka mencara makan (sebagian besar spesies mencari makan sekitar senja dan sore hari sementara yang lain, seperti Asian Tiger Mosquito yang rakus, memberi makan terutama pada siang hari).

Anda tidak perlu menjadi spesialis nyamuk untuk mengenali perbedaan utama antara tiga kelompok besar nyamuk: Culex, Anopheles dan Aedes. Jika Anda cukup beruntung memiliki akses ke entomologist , Anda bisa mendapatkan pelatihan yang baik. Sumber lain yang bagus adalah ahli entomologi penyuluhan, yang dimiliki banyak universitas. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda untuk identifikasi nyamuk.

Evaluasi Layanan Pengendalian Nyamuk

Bagaimana Anda mengevaluasi layanan pengendalian nyamuk yang ada? Jika Anda menunggu sampai pelanggan menelepon untuk mengeluh, saya percaya itu sudah terlambat. Setelah Anda memulai layanan, penempatan trap nyamuk tentative (occasional) selama satu hingga dua hari dapat memberi Anda ide yang bagus untuk sukses.

Indikator Tempat Perkembangbiakan (breeding sites) yang terlewatkan.

Nyamuk dewasa yang berasal tempat perkembangbiakan wadah/kaleng-kaleng bekas di belakang rumah seperti spesies: Nyamuk Harimau Asia (Asian Tiger Mosquito) dan Nyamuk Demam Kuning, biasanya hanya akan terbang sekitar 100-150 meter dari tempat perkembangbiakan, namun seringnya jaraknya lebih dekat dari itu. Dalam situasi ini, jika Anda menangkap nyamuk betina dalam gravid trap (jenis perangkap  yang menarik nyamuk untuk meletakkan telur), ini mengindikasikan bahwa Anda telah mengabaikan satu atau lebih tempat pengembangbiakan di tempat Anda/properti tersebut.

 Jika Anda curiga bahwa nyamuk di halaman Anda’halaman pelanggan Anda mungkin berkembang biak di sebelah, ambil kesempatan untuk mengetuk pintu tetangga, bekerjasama atau  menawarkan layanan Anda.

Pengurangan Populasi Nyamuk. Sejauh ini, kami telah banyak berbicara tentang perangkap yang digunakan untuk monitoring atau surveillance . Bagaimanapun , perangkap dapat juga efektif dalam mengurangi populasi nyamuk, terutama untuk spesies tertentu seperti nyamuk yang berkembang biak pada wadah/kontainer halaman belakang (the backyards container breeders). Perangkap pilihan di sini biasanya adalah gravid trap. Beberapa dari perangkap gravid ini menjebak dan membunuh betina ketika nyamuk betina berusaha untuk bertelur. Yang lain mengkontaminasi betina yang bertelur dengan sejumlah kecil dari dua insektisida berbeda jenis dan mode of action, salah satunya ia menyebar ke tempat pengembangbiakan lainnya, membunuh larva dan insektisida  kedua membunuh nyamuk setelah beberapa hari.

Perhatikan bahwa rata-rata, nyamuk betina dapat bertelur antara 150-200 telur setelah setiap kali makan darah dan dalam kondisi optimal, ia dapat melakukan ini enam hingga delapan kali selama masa hidupnya. Jadi, secara matematika mengatakan bahwa menjebak dan membunuh hanya satu nyamuk betina dapat menghasilkan 1.200 hingga 1.600 nyamuk yang tidak pernah melihat cahaya matahari!

MEMILIH PERANGKAP  NYAMUK

Jadi, bagaimana Anda memilih jenis perangkap (atau perangkap) untuk digunakan dalam layanan Anda? Perlu diulang bahwa Anda harus berkonsultasi dengan spesialis teknis Anda, distributor, perwakilan penjualan atau produsen untuk memastikan pilihan Anda sesuai dengan tujuan layanan perusahaan serta kebutuhan pelanggan Anda. Faktor-faktor kunci untuk dipertimbangkan termasuk:

Gunakan Pola.

Beberapa perangkap yang terbaik untuk digunakan dalam program pengendalian nyamuk komersial dan perkotaan besar, sementara yang lain bekerja dengan baik di perumahan atau komersial yang lebih kecil.

Spesies Target.

Beberapa jenis efektif terhadap hampir semua spesies tetapi sebagian besar menargetkan jenis tertentu. Sebagai contoh, perangkap gravid sangat berguna terhadap nyamuk yang berkembangan biak pada wadah di halaman belakang (backyard container breeders)  dan beberapa spesies nyamuk Culex sp.

Attraktan yang digunakan.

Semua perangkap nyamuk menggunakan beberapa jenis attraktan/penarik, baik untuk nyamuk yang mencari inang atau yang bertelur. Kisaran atraktan cukup bervariasi. Beberapa dari attraktan tersebut termasuk dalam harga perangkap, yang lain dibeli secara terpisah, hal tersebut  mewakili investasi kecil waktu dan bahan murah. Salah satu penarik paling umum adalah karbon dioksida, baik dalam bentuk gas atau sebagai es kering. Jenis lain dari attraktan  termasuk sinar UV, umpan khusus dan air “berformulas khusus (seasoned)” yang dirancang untuk menarik betina bertelur.

Mekanisme Eliminasi.

Seperti disebutkan sebelumnya, banyak jenis perangkap menangkap nyamuk hidup-hidup sehingga mereka dapat diidentifikasi, kemungkinan diuji untuk virus atau dievaluasi untuk resistensi insektisida. Beberapa perangkap menggunakan papan perekat untuk menangkap dan membunuh; ini bebas pestisida dan bagus untuk area dan tempat yang sensitive (food processing, dsb). Jenis lain menggunakan pestisida dalam berbagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kebutuhan akan Energi.

Banyak jenis perangkap tidak memiliki kebutuhan energi apa pun, sementara yang lain memerlukan baterai atau sumber daya plug-in. Jika Anda menggunakan perangkap yang membutuhkan sumber energi, ingatlah untuk mempertimbangkan biaya tambahan ini saat menentukan harga layanan Anda.

Biaya.

Ini sangat bervariasi. Sebagian besar perangkap nyamuk yang akan dipertimbangkan untuk digunakan oleh para professional pengendali hama bukan yang lebih mahal. Konsultasikan dengan distributor dan pemasok Anda tentang ketersediaan dan harga perangkap.

RINGKASAN TENTANG PENGGUNAAN PERANGKAP NYAMUK.

Penggunaan perangkap nyamuk sebagai bagian dari layanan Pengendalian Nyamuk Terpadu menjadi lebih populer di industri pest management saat ini. Dan, seiring meningkatnya permintaan akan layanan pengendalian nyamuk, maka kebutuhan akan alat yang lebih beragam dan efektif. Saat populasi nyamuk meningkat, ingatlah bahwa menggunakan perangkap dapat menghemat waktu dan uang Anda, serta menghasilkan uang bagi Anda. Penggunaan perangkap nyamuk juga dapat membantu mengurangi dampak lingkungan dengan menghilangkan aplikasi pestisida yang berlebihan atau bahkan tidak perlu.

READ
Nyamuk Vektor Japanese Encephalitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!