PENGGOLONGAN RAYAP

PENGGOLONGAN RAYAP

Penggolongan Rayap Tanah Berdasarkan Lokasi Sarang atau Tempat Tinggalnya

Penggolongan rayap berdasarkan lokasi sarang atau tempat tinggalnya, rayap dapat digolongkan dalam tiga tipe, yaitu rayap kayu lembab, rayap kayu kering, dan rayap tanah. Diantara ketiga jenis rayap tersebut, tipe yang paling banyak menimbulkan kerugian adalah kelompok rayap tanah dan rayap kayu kering. Selain tiga jenis rayap tersebut, juga ada sebagian ahli yang menggolongkan rayap ke dalam empat jenis rayap perusak kayu, yaitu rayap kayu lembab, rayap kayu kering, rayap tanah, rayap pohon.

1. Rayap kayu lembab (damp wood termite)

Rayap kayu lembab menyerang kayu mati dan lembab. Rayap ini bersarang dalam kayu, tetapi   tidak berhubungan dengan tanah. Contoh rayap jenis ini adalah dari family Kalotermitidae dan genus Glyptotermes (Glyptotermes sp). Adapun beberapa ciri-ciri rayap ini sebagai berikut:
a) Serangannya pada kayu yang basah atau pohon mati yang membusuk.                 b) Sarangnya berada di dalam kayu yang membusuk atau basah seperti tonggak-        tonggak kayu atau kayu gelondongan.
c) Ukuran tubuh rayap prajurit 2,5 kali lebih besar dari rayap tanah.
d) Populasinya lebih kecil dari rayap tanah.
e) Rayap ini tidak mempunyai kasta pekerja sehingga tugas kasta pekerja                   dilaksanakan oleh nimfa.
f) Ukuran pelet lebih besar dan berwarna gelap. Palet digunakan sebagai bahan         dasar pembuatan tunnel untuk menjaga kelembaban.

rayap kayu lembab
Rayap kayu lembab (courtesy: photo by Staff, www.sfzoo.org)

2. Penggolongan Rayap kayu kering (dry wood termite)

Rayap kayu kering hidup dalam kayu mati yang telah kering. Hama ini umumnya dapat dijumpai di rumah-rumah, terutama pada perabot-perabot seperti lemari, meja, kursi dan sebagainya. Seperti halnya rayap kayu lembab,

Cryptotermes sp
Cryptotermes sp (courtesy: photo by Rudolf H Scheffrahn, University of Floria

Rayap ini pun tidak berhubungan dengan tanah karena habitatnya kering.  Rayap kayu kering dapat memasuki kayu yang terbuka di atas secara langsung dari udara. Sekali dapat memasuki kayu, rayap tersebut dapat hidup dalam kayu dengan kandungan air 5-6%. Adapun beberapa ciri rayap kayu kering adalah sebagai berikut:
a) Serangannya pada kayu-kayu kering seperti komponen kayu pada bangunan,          furnitur dan lain-lain.
b)Tanda serangannya tampak dari adanya butir-butir kecil berwarna kecokelatan     yang sering berjatuhan di lantai atau kayu yang diserang.
c) Rayap ini tidak berhubungan dengan tanah karena habitatnya di dalam kayu         kering. Contoh jenis ini adalah Cryptotermes sp (famili Kalotermitidae).
d) Jumlah populasi dalam satu koloni lebih sedikit dibandingkan dengan rayap          tanah.

3. Rayap tanah (subterranean termite)

Rayap tanah bersarang dalam tanah, terutama dekat pada bahan organik yang mengandung selulosa seperti kayu dan humus. Macrotermes dan Odontotermes merupakan rayap subteran yang sangat umum menyerang bangunan di Jakarta dan sekitarnya. Jenis-jenis rayap tanah di Indonesia berasal dari famili Termitidae. Adapun ciri-ciri rayap tanah sebagai berikut:
a) Umumnya hidup di dalam tanah yang banyak mengandung kayu atau bahan          organik lain yang mengandung  selulosa.
b) Dibutuhkan kelembaban yang tinggi.
c) Rayap ini membangun terowongan (tunnel) menuju sumber makanan.
d) Jumlah populasi dalam satu koloni umumnya lebih besar dari jenis rayap kayu      kering.
e) Jenis-jenis rayap ini sangat ganas karena dapat menyerang objek-objek                    berjarak hingga 200 meter dari sarangnya.
f) Untuk mencapai kayu sasarannya, rayap ini dapat menembus tembok yang             tebalnya beberapa sentimeter dengan bantuan enzim yang dikeluarkan dari            mulutnya.
g) Jenis rayap yang termasuk kelompok rayap tanah ini berasal dari genus:                  Macrotermes, Odontotermes, Schedorhinotermes, dan Coptotermes.

4. Penggolongan Rayap Pohon

Rayap pohon merupakan rayap yang menyerang pohon-pohon yang masih hidup sehingga bersarang dalam pohon dan tidak berhubungan dengan tanah. Contoh yang khas dari rayap ini adalah jenis Neotermes tectonae (famili Kalotermitidae) yang merupakan hama pohon jati.

pencarian terkait pest management:

READ
TERMITISIDA CAIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!