Pengendalian Nyamuk Dasar

Arti Penting Nyamuk Secara Kesehatan

Pengendalian nyamuk seharusnya tidak hanya mengandalkan  satu metode pengendalian selain itu juga perlu ada upaya pencegahan dengan menghilangkan dan mengelola sumber perkembangbiakan nyamuk (breeding site).

Nyamuk adalah kelompok flies yang paling penting dalam hal kesehatan masya rakat karena nyamuk membawa dan mengirimkan organisme penyakit kepada manusia dan hewan dan bertanggung jawab atas lebih banyak kematian dan kesengsaraan daripada faktor lainnya dalam sejarah manusia. Nyamuk sendiri telah mengubah sejarah dengan memusnahkan tentara penyerang atau menyebabkan kelompok manusia meninggalkan daerah tertentu karena adanya penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Perilaku Nyamuk

Pengertian perilaku

Perilaku adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan

Perilaku mencari darah

    Perilaku berkaitan dengan waktu

Nyamuk Anopheles,Culex,Mansonia pada umumnya aktif mencari darah pada malam hari. Nyamuk Aedes lebih suka mencari darah siang hari, Armigeres siang dan malam hari

   Perilaku berkaitan dengan tempat

  • eksophagik (mencari mangsa di luar rumah)
  • endophagik (mencari mangsa di dalam rumah).

   Perilaku berkaitan dengan sumber darah (hospes)

  • antropophilik(senang darah manusia)
  • zoophilik (senang darah hewan).

   Berkaitan dengan frekuensi menggigit

  • Frekuensi nyamuk membutuhkan darah (tergantung spesies,temperature dan kelembaban),yang disebut dengan siklus gonotropik.
  •  Daerah tropis siklus tersebut dilaporkan dapat terjadi setiap 2-4har).

    Perilaku istirahat

  1. a) eksofilik (Jenis nyamuk vektor yang tempat istirahatnya di luar rumah)
  2. b) endofilik (Jenis istirahatnya di dalam rumah).

Menurut lamanya aktivitas nyamuk mempunyai dua cara istirahat :

  • Istirahat sebenarnya, yaitu selama waktu menunggu proses perkembangan telur (siang hari).
  • Istirahat sementara, yaitu pada waktu sebelum dan sesudah menghisap darah (malam hari).

Tips Kunci Inspeksi Dalam Pengendalian Nyamuk Dasar

Nyamuk yang tersebar luas, tetapi beberapa perusahaan dilengkapi dan memiliki lisensi untuk melakukan aplikasi ULV nyamuk atau untuk menerapkan larvacides ke tempat pengembangbiakan nyamuk. Kadang-kadang, nyamuk akan menyebabkan masalah di rumah atau bangunan komersial tertentu dan pemilik atau penghuni mencari bantuan pest professional untuk mengatasi masalah nyamuk mereka.

Dalam sebagian besar situasi yang melibatkan struktur, nyamuk dewasa masuk dari luar atau mengganggu aktivitas di luar ruangan dengan kehadirannya pada vegetasi di sekitar bangunan. Nyamuk dewasa akan berkembang biak di sumber air genangan yang sangat dekat properti yang meliputi kolam kecil, saluran drainase, kolam drainase, gorong-gorong dan lubang got dengan genangan air. Lokasi lain, biasanya diabaikan, adalah ban bekas, pemandian burung, lubang pohon, nampan di bawah pot tanaman, selokan hujan yang tersumbat, dan barang apa pun di tanah yang dapat mengumpulkan dan menahan air selama tujuh hari atau lebih lama (lihat foto di bawah). Nyamuk juga dapat berkembang biak di genangan air di ruang bawah tanah, ruang bawah tanah atau pompa bah (sump pump). Tanaman yang disebut bromelia mengumpulkan air hujan dan dapat berfungsi sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

Setiap kali memeriksa di luar selama layanan hama atau rayap, waspadai kemungkinan lokasi pengembangbiakan larva sehingga ini dapat diidentifikasi kepada pelanggan. Memeriksa genangan air yang lebih besar seperti kolam atau parit drainase membutuhkan gayung dengan gagang yang panjang untuk mengambil sampel air di sepanjang tepi untuk mendapatkan larva.

Nyamuk dewasa akan tertarik ke sebuah bangunan karena berbagai alasan dengan kehadiran manusia menjadi faktor utama. Pada siang hari, nyamuk akan beristirahat di dalam vegetasi – biasanya di bawah daun di daerah yang lebih teduh – di sekitar atau di dekat bangunan. Menggunakan jaring serangga adalah cara tercepat untuk mencicipi vegetasi untuk nyamuk dewasa. Dinding yang gelap atau teduh di dalam dan luar juga harus diperiksa sebagai tempat beristirahat nyamuk

Tips Pengendalian Nyamuk Dasar

Artikel ini hanya akan membahas situasi terbatas yang melibatkan nyamuk di dalam dan di sekitar struktur perkotaan.

Identifikasi Tempat Perkembangbiakan Nyamuk.

Sebelum program pengendalian dapat dirancang untuk mengendalikan nyamuk di dalam atau di sekitar bangunan tertentu, tempat peristirahatan nyamuk dan tempat pengembangbiakan di properti tersebut harus diidentifikasi. Jika bangunan itu terletak tepat di sebelah sungai, kolam, rawa, atau di daerah berhutan, kemungkinan bantuan jangka panjang yang signifikan atas nyamuk tidak dimungkinkan. Konsultasikan dengan pemerintah daerah atau kota setempat yang tepat untuk bantuan dalam situasi ini.

Hilangkan Tempat Perkembangbiakan Nyamuk.

Pengendalian nyamuk jangka panjang terbaik adalah mengidentifikasi, mengosongkan, atau merawat tempat berkembang biak. Setiap wadah yang menampung air harus dikeringkan dan disimpan terbalik, jika memungkinkan, agar tidak mengambil air. Pelanggan harus diberitahukan untuk mengosongkan item (seperti tempat mandi burung) yang mengisi dengan air dan mengisinya setiap minggu. Lubang pohon dapat diisi dengan pasir untuk menghilangkannya sebagai sumber pengembangbiakan. Selokan harus diperiksa secara teratur untuk mencari penyumbatan dan genangan air.

Mengontrol Larva Nyamuk.

Kolam, parit drainase dan badan air lainnya dapat ditreatment dengan larvisida untuk mengendalikan larva nyamuk yang 1) menggunakan produk nyamuk IGR atau 2) mengandung bakteri B.t.i. Produk-produk ini hanya khusus untuk larva nyamuk dan memiliki efek minimal pada lingkungan sekitarnya atau jenis kehidupan air lainnya. Methoprene (sebuah IGR) diformulasikan sebagai briket, pelet, butiran dan cairan.

 

READ
Wolbachia dan Pengendalian Aedes sp

Foto di atas menunjukkan briket Altosid yang diletakkan di tanah kering di daerah rendah yang diketahui menampung air dan membiakkan nyamuk di dekat rumah pedesaan. Konsultasikan dengan perwakilan pabrik untuk saran dalam penggunaan produk mereka yang paling efektif.

Mengontrol Nyamuk Dewasa. Cara terbaik untuk mengendalikan nyamuk dewasa di dalam ruangan adalah dengan menjaga agar nyamuk tetap berada di luar mencegahnya ke dalam dengan menggunakan screen/kassa dan menutup pintu kecuali saat sedang digunakan. Bangunan industri besar seperti gudang, bagaimanapun, sering tetap terbuka untuk keperluan ventilasi selama musim panas dan harus melengkapi pintu seperti itu dengan layar ketat.

Vegetasi harus dijaga seminimal mungkin di dekat bangunan yang terletak di habitat nyamuk utama, terutama di sebelah pintu masuk. Lebih sedikit vegetasi memberikan lebih sedikit perlindungan bagi nyamuk dewasa. Vegetasi luar dapat ditreatment untuk membunuh nyamuk di mana mereka mendarat untuk beristirahat menggunakan salah satu dari sejumlah insektisida residu yang diberi label untuk nyamuk. Ikuti arahan label dan peraturan negara mana pun terkait aplikasi tersebut.

Semua benda di luar yang bisa menampung air selama tujuh hari atau lebih bisa membiakkan nyamuk.

Aplikasi residu harus diterapkan secara ringan sebagai kabut atau semprotan halus, diarahkan ke bagian bawah daun vegetasi di mana nyamuk dewasa diketahui atau diduga bersembunyi di siang hari. Biasanya, vegetasi yang terkena dampak akan berada di dekat tanah dan bukan tungkai pohon di atas. Kehati-hatian harus diambil untuk menghindari memperlakukan tanaman berbunga tempat lebah dan penyerbuk lainnya dapat mengunjungi. Aplikasi di area di mana lebah aktif harus dihindari.

Permukaan luar dan dalam di mana nyamuk dapat beristirahat ditreatment  engan insektisida residual CS atau SC insektisida. Treatment  langsung ke permukaan belakang vegetasi, di bawah geladak, di bawah soffit dan situs serupa di mana nyamuk dewasa cenderung bersembunyi di siang hari.

Perangkap. Sejumlah perangkap nyamuk yang tersedia secara komersial yang menggunakan panas dan / atau karbon dioksida untuk menarik dan menangkap nyamuk dapat dibeli. Beberapa PMP menjual dan memiliki layanan perangkap ini.

Perangkap nyamuk yang dirancang untuk penggunaan interior mungkin berguna dalam menarik dan mengurangi jumlah di dalam gudang besar dan daerah serupa di mana nyamuk dapat masuk dalam jumlah yang signifikan. Operasi komersial besar dapat ditempatkan di pinggiran kota dan kota atau di daerah pedesaan di sebelah daerah berhutan, rawa-rawa, atau sungai dan menjadi sasaran tekanan nyamuk yang lebih besar.

Treatment ULV. Kadang-kadang, pelanggan dapat meminta pengurangan cepat nyamuk yang terlihat di dalam ruangan. Space treatment (ULV) menggunakan insektisida non-residual dapat diterapkan untuk membunuh nyamuk. Ikuti label produk ULV dengan hati-hati dan lakukan tindakan pencegahan keamanan yang diperlukan (mis., Matikan HVAC, tutup sementara atau matikan detektor asap, padamkan semua lampu pilot). Ingatlah bahwa setelah treatment, nyamuk baru dapat memasuki gedung jika tidak diambil langkah-langkah untuk mengurangi jumlah  di luar gedung dan untuk mencegah nyamuk agar tidak masuk.

Umpan Nyamuk Final Feed. Sebuah produk umpan baru bernama Final Feed baru-baru ini diperkenalkan oleh Catchmaster. Final Feed diterapkan pada vegetasi dan permukaan tempat nyamuk cenderung berada. Umpan mengandung formulasi gula khusus dengan bawang putih mikroenkapsulasi sebagai racun. Final Feed memanfaatkan keinginan nyamuk jantan dan betina untuk memakan nektar untuk mendapatkan gula yang digunakan untuk energi. Jantan hanya memakan nektar sementara betina juga membutuhkan makanan berupa darah untuk menghasilkan telur. Kedua jenis kelamin siap mencari makanan gula segera setelah berganti kulit menjadi nyamuk dewasa dan pengambilan darah oleh betina ditekan setelah makan umpan ini. Final Feed mengendalikan nyamuk Aedes, Anopheles dan Culex.

RINGKASAN. Nyamuk paling banyak terjadi di mana saja di Indonesia sehingga pengendali hama profesional  akan menghadapi banyak situasi di mana layanan dapat ditawarkan. Ingat beberapa negara mungkin mengharuskan perusahaan untuk memiliki lisensi kategori kesehatan publik tambahan selain lisensi GHP untuk melakukan treatment  nyamuk. Mereka yang menyediakan layanan pengendalian nyamuk seharusnya tidak hanya menawarkan satu metode pengendalian. PMP perlu menyediakan layanan pencegahan dengan menghilangkan dan mengelola sumber perkembangbiakan nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!