PENGENDALIAN LALAT BUAH

PENGENDALIAN LALAT BUAH

Spesies Lalat Buah Yang Umum

pengendalian lalat buah
pengendalian lalat buah (image credit: rob_lan. thinkstock.com)

Pengendalian lalat buah melibatkan sejumlah spesies, terdapat lebih dari 4,500 species lalat buah di dunia. Genus Drosophila termasuk ke dalam kelompok besar spesies lalat buah family Drosophilidae. Diantara spesies-spesies,tersebut adalah Drosophila melanogaster Meigen (mengacu kepada lalat buah bermata merah) dan D. repleta Wollaston (mengacu kepada lalat buah bermata gelap) kedua jenis lalat buah ini adalah jenis yang umum yang sering ditemukan di dalam bangunan. Lalat buah ukurannya kecil, sekitar 1/8-inch panjangnya, dan memiliki warna hitam melingkar pada abdomennya transverse. Lalat buah bermata merah dan gelap terlihat sangat identik (mirip), kecuali serangga dewasa lalat buah bermata gelap ukurannya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan lalat buah bermata merah.

Lalat buah adalah pesky bugs yang menjadi tantangan bagi  PMPs. Lalat buah bermata gelap spesies paling umum yang banyak ditemukan di restoran dan gedung komersial, sementara lalat buah bermata merah biasanya menginfestasi rumah. Lalat ini dapat bertahan dan berada dimana saja di mana ada material organik yang membusuk yang sesuai dengan aroma dan rasa yang disukainya— larva dari lalat buah bermata merah lebih memilih untuk berkembang biak pada material organik  membusuk yang relatif baru atau lembut; lalat buah bermata gelap menyukai material organik yang sudah lama. Mengacu kepada singkatnya siklus hidup  dan banyaknya jumlah telur yang diproduksi (lebih dari 500) lalat buah dapat menjadi masalah sepanjang tahun, khususnya di restoran dimana terdapat isu sanitasi. Dalam rangka untuk memenuhi ekspektasi pelanggan Anda,

Berikut 5 tips pengendalian lalat buah:

  1. Menemukan dan mengeliminasi sumber perkembangbiakan. Inspeksi secara detail dan menyeluruh terhadap material organik yang terfermentasi dan membusuk.. Beberapa area ini termasuk tempat buah atau sayuran disimpan di luar lemari es / pendingin; tempat sampah daur ulang yang jarang digunakan, dikosongkan, atau dibersihkan; dalam permukaan kotoran/sampah yang secara alami terakumulasi dalam pipa, bak cuci dan saluran air;. di mana kaki atau kaki peralatan, meja atau lemari menyentuh lantai; dalam botol kosong saus tomat, botol kecap, buah dan sayuran yang disimpan di ruang bawah tanah; dalam botol kosong atau kaleng cuka, anggur, sari dan bir; tikar di bawah lantai; dekat pel kering atau sapu kering yang kotor; dalam retakan dan celahan pada bar minuman keras; dan di pipa bocor atau genangan air. Di luar rumah, cari tempat sampah terdekat, tempat sampah atau di tumpukan kompos basah tempat buah dan sayuran dibuang.
  1. Bekerjasama dengan pelanggan. Setelah sumber perkembang biakan teridentifikasi, sumber tersebut perlu dihilangkan. Untuk melakukannya, bangun kerjasama yang kuat dengan pelanggan Anda. Membangun kerjasama yang baik dengan pelanggan Anda mungkin membutuhkan waktu. Tetapi penting untuk membuat kerangka kerja yang benar dan semua tindakan korektif dan preventif yang perlu diambil sejak awal, dengan mengkomunikasikan temuan Anda dengan benar dan konsisten,. Selama diskusi dengan pelanggan dan pada laporan Anda, tetapkan ekspektasi treatment yang realistis dan tanggung jawab yang jelas dengan menciptakan garis besar yang mengklasifikasikan dan memprioritaskan tugas.
  1. Gunakan insektisida yang terbukti. Sanitasi adalah kunci untuk mencegah infestasi lalat buah. Namun, praktik sanitasi membutuhkan waktu untuk mencapai eliminasi total lalat buah. Menerapkan sanitasi yang baik secara konsisten dapat menjadi tantangan tersendiri. Ketika sanitasi dalam pengupayaan, treatment insektisida terbukti dapat memberikan bantuan sementara. Jika aplikasi pestisida diperlukan, gunakan insektisida residu yang telah terbukti untuk mentreatment area lalat dan juga tempat perkembangbiakan larva seperti yang tertera pada label produk. Contoh tempat peristirahatan lalat buah adalah lantai, dinding, langit-langit, dan permukaan lain di dekat area perkembangbiakan lalat buah atau di sekitar sumber cahaya. Jangan sekali-kali melakukan treatment di mana manusia, makanan, air, atau permukaan kontak makanan dapat terpapar. Dengan hati-hati lakukan treatment pada retakan, treatment spot terbatas pada area di bawah peralatan, di bawah keset atau lapisan lantai, di sekitar tempat sampah, di sekitar ubin keramik, jendela, pintu, sambungan nat, dll. Untuk infestasi lalat buah yang banyak, terapkan space treatment menggunakan aerosol untuk pengendalian lalat buah imago di ruangan yang terinfestasi . Sebelum melakukan space treatment, pastikan untuk menyimpan atau menutupi semua item makanan dan permukaan kontak makanan (food contact) (mis., Peralatan, bangku, rak – area di mana ada makanan yang terbuka, dipegang, disiapkan, diolah atau disajikan). Jika dibiarkan terbuka, area ini harus dibersihkan secara menyeluruh dengan metode yang mampu menghilangkan residu kimia setelah perawatan. Di daerah yang sering terpapar oleh akumulasi bahan organik lembab – seperti saluran pembuangan lantai komersial, pembuangan sampah, di bawah dan di belakang alat-alat berat, di sekitar area penyimpanan sampah – disarankan untuk menggunakan produk mikroba yang terbukti menggerogoti lemak,sisa-sisa atau remah-remah makanan dan limbah lainnya (yang menjadi makanan larva) atau gunakan debu borat.                                                          
  2. Berikan informasi kepada pelanggan Anda, bahwa menggunakan pemutih di area ini akan menghilangkan efektifitas bio-produk yang digunakan dalam pembersihan. Ulangi aplikasi pada interval dua hingga empat minggu tergantung pada tingkat keparahan serangan. (Borat dapat membunuh agen pembersih bio. Oleh karena itu, Anda dapat memilih salah satu dari opsi ini, tetapi tidak keduanya.)                                                                                                                      
  3. Rekomendasikan kepada klien Anda tindakan berikut: pembersihan sisa-sisa makanan secara teratur; membuang sampah setiap hari; membeli hanya buah-buahan dan sayur-sayuran yang dibutuhkan dan menyimpannya di dalam kulkas atau dalam wadah tertutup, jika ada; memastikan semua jendela dan pintu memiliki screen/penutup (dan bahwa screen tersebut dalam kondisi bagus). Ini hanya beberapa contoh untuk menjaga lalat buah tetap terkendali. Gunakan perangkap cahaya serangga (Insect Light Trap) di dalam ruangan untuk memonitor lalat buah dewasa yang baru muncul sehingga Anda dapat mengelola lalat buah lebih awal sebelum serangan besar terjadi di lokasi.
  1. Persistensi membutuhkan waktu. Selama kunjungan service Anda, lakukan evaluasi terhadap hasil inspeksi dan data monitoring untuk menentukan apakah tindakan lebih lanjut diperlukan. Jangan lupa untuk mengkomunikasikan perubahan apa pun kepada semua pihak yang terlibat. Jangan menyerah! Ketekunan dan menemukan kemudian menghilangkan semua sumber perkembangbiakan lalat buah adalah penting dalam mencapai kesuksesan.

KESIMPULAN 

Pengendalian lalat buah membutuhkan penggunaan metode kimia dan nonkimia untuk menghilangkan sumber pengembangbiakan larva. Bangun hubungan dengan pelanggan dengan mengomunikasikan dan mendokumentasikan semua tindakan korektif yang diambil dan temuan inspeksi, termasuk titik masuk, sanitasi dan semua tempat berkembang biak. Pastikan untuk menyertakan foto dari semua kondisi yang kondusif dan lampirkan ke laporan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

PMT Newsletter

Berlangganan informasi maknyus dari kami!

Powered by Kirim.Email