Ngengat Ephestia cautella

Ngengat Ephestia cautella

Ngengat Ephestia cautella

Di Indonesia, hama ini dikenal dengan nama ngengat gudang daerah tropis atau dalam bahasa asing almond moth, tropical warehouse moth dan dried currant moth.  Ngengat Ephestia cautella termasuk ke dalam famili Pyralidae.

Ngengat ini dikategorikan sebagai hama pada tempat penyimpanan dan industri makanan karena dapat menyerang bahan baku yang berasal dari biji-bijian, produk jadi dan mesin-mesin produksi yang sanitasinya kurang diperhatikan.

Morfologi ngengat Ephestia cautella.

Ephestia cautella dewasa mempunyai sayap depan berwarna coklat abu-abu gelap, pada sisi luarnya terdapat suatu garis berwarna pucat.  Di sebelah dalam garis ini terdapat suatu garis yang agak lebar dan berwarna gelap.  Rentang sayap berukuran 14-22 mm.  Bulu-bulu/jumbai sayap pendek.  Alat genetalia Ephestia cautella berbentuk seperti lembaran dengan tonjolan runcing pada bagian ujungnya.  Alat untuk ovipositor serangga betina berbentuk seperti replika “tugu monas”

Ngengat Ephestia cautella
                            Ephestia cautella

 

READ
PHEROMONE TRAPS SERANGGA HAMA GUDANG

Telur Ephestia berwarna putih pada waktu pertama kali diletakkan dan akan berubah menjadi berwarna orange setelah beberapa waktu.  Telur berbentuk bulat seperti bola.

Larva Ephestia cautella berukuran panjang 12-15 mm pada saat instar terakhir.  Larva berwarna  abu-abu pucat dengan beberapa rambut “seta” dan bintik hitam.  Bagian kepala larva berwarna hitam dan berbentuk seperti kapsul.

Siklus hidup ngengat Ephestia cautella

Siklus hidup serangga Ephestia cautella selama 25 hari pada kondisi yang optimum (suhu 30-32C dan kelembaban relatif  70-70%).  Kemampuan meletakkan telur satu ekor ngengat betina rata-rata sebanyak 200 butir.  Lama stadia telur adalah 3 hari, stadia larva 15 hari, dan pupa 7 hari pada suhu 30C dan kelembaban relatif 70%.

Jenis kerugian yang ditimbulkan.  Larva serangga hama ini yang bersifat merusak dengan cara memakan komoditi yang diserangnya dan akan membuat pintalan-pintalan benang sutera pada permukaan karung atau mesin-mesin produksi (disebut webing).  Jadi kerugian yang ditimbulkannya berupa penurunan berat komoditi dan merupakan kontaminan yang potensial.

Tingkat intensitas serangan dan nilai kerugian.  Belum ada hasil penelitian tentang besarnya intensitas serangan dan nilai kerugian yang diakibatkan oleh serangan ngengat ini secara statistik.

Referensi makanan Ephestia cautella. 

Ngengat Ephestia cautella menyerang biji-bijian, coklat, biji, yang menghasilkan minyak seperti kacang tanah, biji kelapa sawit, rempah-rempah, buah-buahan yang dikeringkan, tepung dan kurma.

Ekologi ngengat Ephestia cautella.  Kondis optimum yang dibutuhkan untuk perkembangan hama ini adalah suhu lingkungan 30-32C  dan kelembaban relatif 70-80%.  Kisaran suhu dimana serangga ini masih dapat berkembang adalah antara 15C sampai 36C.  Lama stadia telur dan stadia pupa tidak dipengaruhi oleh tingkat kelembaban melainkan oleh temperatur.  Tingkat mortalitas larva lebih tinggi dibandingkan mortalitas telur dan pupa, terutama pada kelembaban yang sangat rendah.  Keberhasilan perkembangan dari stadia telur sampai menjadi dewasa juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang menjadi tempat hidupnya.

Peletakkan telur oleh Ephestia cautella dipicu oleh awal kegelapan, penurunan suhu harian atau oleh keduanya.  Keberadaan makanan juga berpengaruh secara nyata terhadap terjadinya peletakkan telur oleh serangga betina.  Begitu pula dengan pengaruh ketersedian air, serangga betina yang mendapat sumber air akan meletakkan telur 46% lebih banyak dibandingn yang tidak mendapat air.

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!