LALAT DAGING (FLESH FLIES)

LALAT DAGING (FLESH FLIES)

Biologi lalat daging (flesh flies) Sarcophaga sp

Lalat daging (flesh flies) Sarcophaga sp
Lalat daging (flesh flies) Sarcophaga sp (picture credit:graham pest control)

 

Lalat daging (flesh flies) Sarcophaga sp termasuk ke dalam family Sarcophagidae (dari bahasa Yunani σάρκο sarco- = daging, φάγε phage = makan; akar yang sama dengan kata “sarkofagus”) umumnya dikenal sebagai lalat daging.

Taksonomi lalat daging (flesh flies) Sarcophaga sp:

Kingdom: Animalia

Phylum: Arthropoda

Class:Insecta

Ordo: Diptera

Family:Sarcophagidae

Lalat daging (flesh flies) berbeda dari kebanyakan lalat karena lalat ini bersifat  ovoviviparous, meletakkan belatung bukannya telur pada bangkai, kotoran, bahan membusuk, atau luka terbuka mamalia, itulah kenapa dinamakan flesh flies. Beberapa larva lalat adalah parasit internal pada serangga lain seperti Orthoptera, dan khusus subfamily Miltogramminae, adalah kleptoparasit pada soliter Hymenoptera.  Lalat dewasa kebanyakan memakan cairan dari tubuh hewan, nektar, makanan manis, cairan dari kotoran hewan dan zat organik lainnya. Lalat baru menjadi dewasa (juveniles)  membutuhkan protein untuk berkembang dan dapat diletakkan di bangkai, kotoran atau makanan tanaman manis (termasuk buah, kacang-kacangan, dan bahan makanan buatan).

Lalat daging (Sarcophaga sp) berwarna abu-abu , berukuran sedang sampai besar 6-14 mm panjangnya, terdapat tiga garis gelap pada bagian dorsal toraks, perutnya mempunyai corak seperti papan catur, lalat ini bersifar vivivarus dan mengeluarkan larva hidup pada tempat perkembangbiakannya seperti daging, bangkai, kotoran dan sayur-sayuran yang sedang membusuk.

Larva lalat daging (flesh flies)

Betina bersifar larvivara, meletakkan 40-80 larva instar pertama setiap satu kali bertelur.  Larva berbentuk lonjong, berwarna putih atau kekuningan bagian kepala atau ujung anterior runcing.   Ukurannya 10-22 mm sebelum menjadi pupa.

Empat instar larva dan tiap instar memiliki sepasang rahang yang kuat untuk merobek dan memakan daging atau substrat makanan lainnya, dengan spirakel posterior yang khas bentuknya.

Pupa lalat daging (flesh flies)

Pupa berwarna oranye kemerahan sampai coklat tua, semakin tua umur pupa warnanya akan semakin gelap, dengan rata-rata panjang mencapai 12 mm.  Pupa (puparium) biasanya ditemukan pada pasir atau tanah yang terlindung dari gangguan predator.

Lalat betina dari famili Sarcophagidae ini bersifat larvipara dengan menetaskan telurnya di dalam oviduk dan telur akan segera menetas saat akan diletakkan atau diletakkan ke host dalam bentuk larva instar pertama.

pencarian terkait pest management:

READ
Lalat Hijau Calliphoridae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!