Kutu Buku Psocids Liposcelis spp

Kutu Buku Psocids Liposcelis spp

A. Biologi dan perilaku kutu buku Psocids

Nama umum: Kutu buku, Psocids or Booklice

Liposceliss
                        Liposcelis spp

Kutu buku (Psocids) berukuran kecil kurang lebih 0.1 cm sampai 0.2 cm , pipih, pucat, antena panjang seperti rambut, Liposcelis spp. tidak mempunyai sayap, tetapi banyak psocoptera yang lain bersayap. Kutu buku dapat ditemukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, di area luar umumnya banyak ditemukan di area yang lembab seperti: di bawah kulit pohon, pada rumput, daun dan kayu yang lembab.  Di dalam ruangan Psocids ini ditemukan pada area dengan kondisi yang sama yaitu lembab seperti:pada biji-bijian yang disimpan (stored grain) atau makanan lainnya, area kolong (crawl spaces) di bawah rumah, pada koleksi serangga, dan sekitar buku.  Psocids lainnya dapat ditemukan menginfestasi pakan ternak (bagged feed) di warehouse. Makanan kutu buku terdiri jamur mikroskopis (microscopic molds and fungi), sehingga Psocids memilih area lembab, hangat, situasi yang tidak terganggu dimana jamur ditemukan.  Psocids ini seringkali ditemukan dalam jumlah yang sangat banyak dan menyelimuti area dimana kutu buku ini ditemukan. Psocids ini sering ditemukan pada konsentrate pakan yang mengandung antibotik yang berasal dari jamur.

B. Siklus hidup

( Siklus hidup (Liposcelis bostrichophila). Optimum: 21 hari (30ーC, 70% RH.). Kisaran: (18-36 C, minimum RH. 60%). Biologi. Telur: diletakan secara acak. Nimfa: berbentuk sama dengan dewasa hanya lebih kecil dan lebih pucat. Dewasa: berumur panjang, aktif makan, berlari cepat dengan cara setengah melompat.  Psocids ini tidak menimbulkan kerusakan dan menjadi hama lebih karena kehadirannya di suatu area dan menjadi parameter tingkat sanitasi di suatu area.

C. Pengendalian kutu buku psocids

Hama ini sulit dikendalikan dengan menggunakan pestisida, jika akan melakukan fumigasi sebaiknya diperpanjang waktu paparannya (exposure time) selama 9 hari, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan manipulasi lingkungan, yaitu dengan mengatur kelembaban relatif pada 40% RH atau kurang selama kurang lebih empat hari dengan menggunakan dehumidifier di ruangan.

 

READ
Pillbug

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!