PENGENDALIAN KUMBANG PENGGEREK KAYU (WOOD BORERS)

PENGENDALIAN KUMBANG PENGGEREK KAYU (WOOD BORERS)

IDENTIFIKASI KUMBANG PENGGEREK KAYU (WOOD BORERS)

Pengendalian kumbang penggerek kayu: penggunaan pestisida tidak selalu diperlukan

Ketika kita dapat memastikan bahwa kayu yang ada diserang oleh kumbang penggerek kayu (powderpost beetle), hal tersebut dapat dikenali oleh adanya lubang gerekan (exit holes) dan frass (serbuk-serbuk kayu akibat gerekan kumbang).

PPB
                                                   PPB

Exit hole (lubang keluar) dinamakan demikian karena  melalui lubang tersebut imago (kumbang dewasa) keluar setelah sebelumnya mengalami stadia pradewasa di dalam kayu, sebelum Anda menerapkan metode pengendalian, Anda perlu melakukan identifikasi terlebih dahulu spesies, kumbang penggerek kayu yang Anda hadapi. Kenapa? karena hal tersebut berpengaruh terhadap seberapa intensif Anda harus melakukan treatment dan juga metode yang perlu diambil atau treatment yang perlu dilakukan. Jika tidak ditemui keberadaan serangga dewasanya (imago kumbang), mengetahui jenis kayu yang terinfestasi akan memberikan Anda petunjuk. Kumbang dari jenis Anobiids menginfestai kayu jenis softwoods dan hardwoods, sedangkan jenis lyctids menginfestasi seasoned hardwoods.

Pengendalian Nonkimia 

1) Ganti bagi kayu yang terinfestasi. Ini adalah pilihan jika Anda yakin bahwa serangan yang terjadi terbatas atau bersifat lokal.  Terkadang Anda bisa berhasil dengan cukup mengganti satu atau dua kayu yang terinfestasi.  Namun jika kemudian Anda menemukan bahwa kerusakan yang ditimbulkan ternyata meluas dan tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan pestisida sebagai alternatif (lihat halaman berikutnya) atau dapat mengambil bagian kayu tersebut, mentreatmentnya, dan mengganti dengan kayu yang sama jika hal tersebut bernilai bagi pelanggan dan kerusakannya pun minimal.

2) Mengurangi kelembaban kayu ke tingkat dimana larva tidak dapat bertahan hidup. Mengeringkan kayu lebih efektif untuk mengendalikan kumbang penggerek kayu (powderpost beetle) jenis anobiid diupayakan kelembaban di bawah 13%. Hal ini dapat didukung dengan langkah-langkah seperti menambah ventilasi ruangan, memastikan kebocoran air, kelembaban tinggi dan masalah drainase diperbaiki.

3) Memberi lapisan pada kayu. Upaya ini memang tidak akan mematikan larva kumbang yang berada di dalam kayu,  namun akan mencegah terjadinya reinfestasi kumbang penggerek kayu. Powderpost beetles tidak akan meletakkan telur pada kayu yang telah dicat, divarnish atau dilapisi. Kumbang imago yang berada di dalam masih akan tetap keluar walau kayu sudah dilapisi, kecuali ditreatment terlebih dahulu sebelum pelapisan. Jika ada kumbang lyctids keluar dari permukaan kayu hardwood yang telah dilapisi (misal dicat), kemungkinan kumbang tersebut memang sudah berada di dalam kayu sebelum kayu tersebut dilapisi lakukan penutupan pada lubang dimana kumbang itu keluar, jika kayu tersebut sudah dilapisi, kecil kemungkinan kumbang tersebut reinfestasi.

4) Treatment panas dan dingin (Heat and cold treatments). Panas tinggi (120-140° F. or 49-60° C.) selama  6 jam akan membunuh semua stadia kumbang penggerek kayu. Temperatur  0° F. atu  -18° C. selama 72 jam, juga akan membunuh kumbang penggerek kayu. Waktu yang diperlukan untuk treatment temeperatur tersebut, beravariasi tergantung dari ketebalan kayu yang terserang, dan treatment memerlukan monitoring yang ketat dan sering untuk memastikan barang/furniture yang ditreatment tidak rusak.

Aplikasi insektisida pada permukaan kayuTreatment insektisida pada permukaan kayu

adalah sebuah treatment pilihan untuk kayu yang belum dicat atau masih polos (accessible wood) Bahan yang kebanyakan digunakan adalah produk jenis borate yang dipenetrasikan ke dalam kayu. Aplikasi borate application membunuh larva yang berada pada tunnel galeri atau larva yang sedang membuat tunnel di dalam kayu, membunuh imago ketika mereka kayu untuk keluar permukaan., selain itu juga borate berperan sebagai feeding deterrent (pencegah makan). Treatment lebih efektif  sebelum kumbang dewasa keluar, dimana untuk  anobiids dapat di banyak area. Pastikan untuk dapat melakukan treatment pada semua sisi kayu jika memungkinkan. Tests memperlihatkan bahwa kumbang dapat keluar pada sisi kayu yang tidak kena ditratment. Pada area yang sulit dijangkau seperti rongga kayu (wall voids), borates dapat diaplikasi dengan foam (formulasi busa) yang dapat berpenetrasi pada area-area sulit tersebut.

Agar borate dapat berpenetrasi pada kayu, maka kayu yang akan ditreaatment harus belum dilapisi atau belum dicat. Kayu structural seperti kaso (joists) dan balok kayu (studs) sangat cocok untuk borate treatment.

Injeksi kayu 

Galleries (tempat larva di kayu, yang berbentuk pola sebagai hasil gerekan) dari larva kumbang penggerek kayu ( powderpost beetle larvae) dapat diinjeksi dengan menggunakan insektisida aerosol berlabel khusus dengan sasaran kumbang penggerek kayu. Kayu dibor dilubangi setiap 8-12 inchi (20-30 cm). Injeksi yang dilakukan pada tempat larva (gallery) akan membunug larva,  namun pupa akan tetap berkembang dan dewasa akan kelihatan keluar setelah treatment dilakukan.

Fumigasi

Alasan utama dilakukannya fumigasi adalah jika infestasi terjadi pada area yang tidak dapat dijangkau oleh treatment biasa pada umumnya, jika infestasi sangat banyak dan tinggi, atau barang yang terinfestasi kumbang kayu merupakan barang antik atau bernilai tinggi, jika pengendalian yang sangat cepat diperlukan atau pelanggan ingin kepastian bahwa semua stadia hama dapat teratasi, fumigasi dapat menjadi pertimbangan. Fumigasi terhadap kumbang penggerek kayu dapat berupa fumigasi struktural atau fumigasi barangnya saja.Fumigasi barang/items seperti furniture dapat dilakukan di bawah sungkup, di dalam kontainer atau pada ruangan. Fumigasi dapat membunuh semua stadia kumbang penggerek kayu, namun tidak meninggalkan residu sehingga tidak dapat mencegah reinfestasi kumbang penggerek kayu lainnya. kadangkala, aplikasi pestisida pada permukaan kayu perlu ditambahkan setelah fumigasi untuk mencegah reinfestasi kumbang penggerek kayu (wood borers).

 

READ
10 Petunjuk Identifikasi Tikus

 

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!