KUMBANG KOPRA Necrobia rufipes

KUMBANG KOPRA Necrobia rufipes

Informasi umum kumbang kopra Necrobia rufipes

kumbang kopra
 kumbang kopra, image   credit: jcringenbach.free.fr

Kumbang kopra Necrobia rufipes (the red-legged ham beetle) dinamakan kumbang kopra karena kumbang-kumbang ini menyerang kelapa kering (kopra) dried coconut di barat kumbang kopra ini dinamakan dengan the red-legged ham beetle atau kumbang berkaki merah, kumbang ini juga merupakan hama utama pada produk daging yang disimpan, kumbang ini termasuk ke dalam famili Cleridae, biasanya merupakan predator pada hama lain, akan tetapi kumbang ini dapat memakan berbagai macam produk yang tinggi akan protein serta dapat menimbulkan kerusakan karena dapat membuat lubang, masuk ke dalam produk

Ciri-ciri fisik kumbang kopra Necrobia rufipes

 Panjang tubuh kumbang dewasa: 4 — 5 mm.
 Permukaan atas tubuh berwarna hijau kebiru-biruan metalik dan            mengkilap. Bagian permukaan bawah perut berwarna biru gelap.              Kaki mereka coklat kemerah-merahan terang ( the red-legged ham          beetle) atau oranye. Antena berwarna coklat kemerah-merahan                 dengan ujung berwarna coklat tua     atau hitam.

Daur Hidup Necrobia rufipes

 Betina bertelur hingga 30 telur per harinya di dalam retakan atau            celah ikan. Telur membutuhkan antara empat dan enam  hari untuk        menetas.
 Larva panjang dan berbentuk silindris, kebanyakan membranous,            dengan bagian kepala (anterior) dan ujung abdomen berwarna coklat      gelap, perkembangan larva terdiri dari 3 sampau 4 instar akan                  tumbuh  selama 35 hingga 130 hari, menjadi kurang aktif  dan                  mencari   tempat yang gelap untuk menjadi kepompong.
 Tahapan kepompong bervariasi antara 6 dan 21 hari.
 Siklus hidup kumbang ini, dari telur hingga dewasa sekitar 36-150          hari, bervariasinya lama siklus hidup atau perkembangbiakannya             sangat dipengaruhi oleh faktor:temperatur, kelembaban, serta                  kualitas keberadaan makanannya.  Lama hidup kumbang dewasa            tidak dapat diketahui secara pasti.

Kebiasaan  Necrobia rufipes

 Kumbang dewasa bukan penerbang yang kuat, keseluruhan tahapan       hidupnya lebih memilih lingkungan yang gelap, karena samar dan           sulit ditemukan dengan kemampuannya dapat terbang walaupun             tidak ahli kumbang ini  dapat dengan mudah menemukan sumber           makanan baru.
 Mereka bersifat merusak, baik dalam tahap larva maupun dewasa,          meski demikian tahap larva adalah yang paling merusak.
 Mereka juga kanibal, memakan telur dan kepompong mereka sendiri.

pencarian terkait pest management:

READ
Tribolium spp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

PMT Newsletter

Berlangganan informasi maknyus dari kami!

Powered by Kirim.Email