Kehidupan Tikus Rumah di Luar

Kehidupan Tikus Rumah di Luar

Kehidupan tikus rumah di luar rumah, bagaimana itu terjadi?

kehidupan tikus rumah di luar rumah, menarik untuk dicermati, banyak orang berpikir tikus rumah hanya hidup di dalam rumah, tikus rumah tidak selalu dimulai sebagai hama area dalam (indoor pests).   Tikus rumah dapat hidup keseluruhan hidupnya di luar sebaik di dalam rumah. Tikus rumah ditemukan di tundra yang dingin, di gurun yang panas, rawa payau, dan tambang batu bara.

kehidupan tikus rumah di luar
                                                                      kehidupan tikus rumah di luar (image credit:terminix.com)

Baik tikus rumah (house mice) dan deer mice (Peromyscus spp.)mereka akan meninggalkan sarang atau tempat hidupnya di area luar jika di area dalam tersebut tersedia makanan serta keuntungan lainnya dan jika itu dapat dengan mudah dilakukan (tidak terdapat halangan, seperti ada akses (opening) ). Tikus rumah yang makan di dalam struktur, mayoritas selalu bersarang dengan baiknya di dalam, bukan tikus yang mengembara dari luar (yang sarangnya di luar). Tikus rumah luar (Outside mice) dapat memiliki radius mengembara yang jauh, namun tikus rumah area dalam (inside mice) biasanya radius mengembaranya hanya hanya 30 kaki (9 m) dari sumber makanan dan akan tetap bertahan di area dalam selama makan tersedia dan kehidupannya aman.

Kehidupan tikus rumah dalam bersarang

Dimana tikus rumah bersarang? Di area luar tikus rumah hidup seluruhnya di dalam lubang seperti yang kebanyakan orang kira, meskipun tikus rumah bisa. Tikus rumah kebanyakan selalu bersarang di berbagai macam tempat seperti pada tumpukan vegetasi atau pohon, sepanjang parit, dalam kayu atau tumpukan batu. Di kota, tikus menggali membuat lubang sarang di taman atau di bawah semak .Di sekitar rumah dapat bersarang di luar pada sudut gelap gudang atau lumbung atau pada peralatan yang ada di taman yang tidak digunakan.

Tikus  betina yang hidup di dalam akan mengumpulkan dan mencabik-cabik segala jenis bahan lembut di dalam ruangan saat membangun sarang untuk anak mereka: benang, kain, handuk kertas, tisu, isolasi, dll. Tikus luar yang kurang beruntung akan melapisi sarangnya dengan batang dan daun tanaman yang lembut, rumput parut, bulu binatang, dan juga bahan-bahan pabrikan yang lembut dan dibuang yang dapat mereka temukan.

Apa yang mereka makan? Tikus yang hidup di luar menggunakan sumber makanan yang agak berbeda, kebanyakan memakan biji tanaman, biji-bijian, serangga, dan kadang-kadang hewan kecil. Tikus akan mengambil keuntungan dari makanan khusus yang unik yang ditemukan di lingkungan luar mereka ketika bersarang di dekat tempat penyimpanan, pengalengan, atau restoran cepat saji, misalnya, di area dalam kebanyakan tikus memakan makanan orang yang mudah diakses atau didapatkan dan makanan hewan peliharaan, dapat juga kecoa atau jangkrik.

KENAPA TIKUS RUMAH PINDAH KE DALAM BANGUNAN? Ketertarikan utama tikus rumah untuk pindah ke dalam , terutama di daerah dengan musim dingin. Tanpa predator, tikus di area dalam ruangan memiliki masa hidup lebih lama. Tikus rumah dapat berkembang biak sepanjang tahun jika kondisinya benar sedangkan tikus luar hanya berkembang biak secara musiman selama cuaca hangat. Di daerah beriklim sedang, sumber makanan alami tikus turun ketika cuaca menjadi lebih dingin. Karena tikus tidak berhibernasi, maka tikus rumah  pindah ke struktur area dalam untuk mencari makanan. Kehangatan dan perlindungan yang diberikan oleh kehidupan di dalam ruangan yang menjaga mereka tidak menyakitkan. Sementara tikus rumah memiliki wilayah yang kecil ketika bersarang di dalam, mereka diketahui melakukan perjalanan lebih dari satu mil untuk menemukan makanan dan tempat tinggal yang cocok.

BAGAIMANA TIKUS RUMAH PINDAH KE DALAM? Tikus memasuki rumah dan struktur lainnya dengan cara yang sama seperti masuknya hama lain, terutama melalui pintu, celah, penutup ventilasi yang hilang, dan sebagainya. Terkadang tikus rumah terbawa melalui kayu bakar, pot tanaman atau perlengkapan kantor. Bau makanan dan udara hangat yang menyebar dari struktur merupakan daya tarik bagi tikus setiap saat sepanjang tahun. Inilah sebabnya mengapa penting, terutama pada fasilitas makanan, untuk memastikan bahwa celah di sekitar pintu, lubang utilitas, lubang ventilasi, pintu bongkar muat, dan opening lainnya tidak mengirimkan “undangan yang dikirimkan melalui udara ke tikus.

Karena tikus penasaran dan secara alami menyelidiki lingkungan mereka, termasuk lubang, celah dan hal-hal baru, masuk akal bahwa mereka akan menemukan dan mengambil keuntungan dari setiap celah atau celah yang memungkinkan tikus memasuki struktur. Lubang hanya perlu setinggi ¼ inci (6 mm) agar mencit dapt masuk. Jika tikus mencium tikus lain di sekitar celah yang menarik ini, mereka tahu mereka telah menemukan hal yang baik.

Ingatlah bahwa tidak semua serangan tikus baru dalam suatu struktur berasal dari luar. Di gedung-gedung apartemen, gedung-gedung perkantoran dan tempat-tempat serupa yang ditempati, infestasi tikus-tikus baru dari infestasi yang sebelumnya sudah ada ‘existing’ dari “pintu sebelah”. Tetua mereka bisa  tidak  dari “luar” selama beberapa generasi.

READ
KEMAMPUAN BERTAHAN HIDUP TIKUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!