Inspeksi Serangan Rayap Tanah

Inspeksi Serangan Rayap Tanah

Tahapan Inspeksi Serangan Rayap Tanah

Inspeksi adalah melakukan pemeriksaan keseluruhan area untuk mengetahui keberadaan hama, lokasi keberadaannya serta tingkat populasi hama, inspeksi sangat membantu dalam menentukan efektifitas metode pengendalian yang dipilih, inspeksi serangan rayap tanah meliputi:

  1. Persiapan Inspeksi Serangan Rayap Tanah
  2. Pemeriksaan di area luar dan dalam bangunan rumah dan gedung.
  3. Pengukuran tingkat kerusakan bagian bangunan akibat serangan rayap tanah dan kerusakan bagian bangunan lainnya.
  4. Identifikasi jenis rayap tanah.
  5. Dokumentasi atau laporan hasil inspeksi

Persiapan Inspeksi Serangan Rayap Tanah

  1. Pemeriksaan serangan rayap tanah harus mempelajari gambar bangunan (as build drawing).
  2. Pemeriksa serangan rayap tanah harus mendapatkan infomasi dari pemilik bangunan rumah atau gedung mengenai aktivitas rayap tanah yang ada dan tindakan yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Peralatan pemeriksaan harus dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Pelaksanaan Inspeksi Serangan Rayap di Area Luar Bangunan

Melakukan inspeksi serangan rayap tanah di area luar bangunan mencakup pemeriksaan  ada tidaknya aktivitas rayap tanah atau tanda-tanda kerusakan akibat serangan rayap tanah pada:

  • Bagian kayu yang berhubungan dengan tanah.
  • Dinding pondasi atau dinding bangunan.
  • Rangka pintu garasi, rangka dan daun jendela lantai dasar dan lantai dek.
  • Rangka kayu yang ditutup beton.
  • Tonggak kayu di sekitar bangunan, tumpukan kayu sisa yang mudah terkena jamur dan rayap.
  • Daerah-daerah pertemuan tanah dengan dinding bangunan; daerah sekitar atau belakang pipa drainase; kotak-kotak listrik;pipa-pipa saluran air bersih dan air kotor, serta tanaman atau tanaman yang merambat pada dinding.
  • Jika bangunan rumah kopel, periksa bagian struktur kopel dan tanyakan pada tetangga apakah mempunyai masalah dengan rayap.

Pelaksanaan Inspeksi Serangan Rayap di Area Dalam Bangunan

Melakukan inspeksi di dalam bangunan mencakup pemeriksaan ada tidaknya aktivitas rayap:

  • Daerah pertemuan lantai dan dinding, terutama yang dilengkapi list kayu atau plint.
  • Nat/celah antara penutup lantai (keramik, marmer atau batu alam) demikian juga jika bagian dinding ditutupi oleh bahan-bahan tersebut.
  • Bagian dinding; celah antara dinding dengan kusen, instalasi listrik atau air, list plafon;atau penutup bagian dinding seperti panel-panel kayu, sambungan wallpaper dengan bagian tepi dinding.
  • Rak-rak buku atau lemari, saluran AC sentral, instalasi listrik termasuk kotak saklar listrik, stop kontak, atau telepon.
  • Bagian bangunan yang gelap atau lembab, misalnya SHAFT, saluran lift, plumbing, ujung-ujung saluran pipa listrik, telepon atau tempat-tempat lain.
  • Bagian elemen/komponen di dalam bangunan yang terbuat dari kayu atau bahan berkayu pada lantai, dinding, langit-langit dan atap.
  • Panel-panel kayu, tangga, hiasan-hiasan pada dinding langit-langit dan bagian-bagian gedung lainnya yang menggunakan kayu.

Inspeksi aktivitas rayap di dalam atau di luar bangunan, yang dapat diketahui dari:

  • Liang kembara rayap tanah atau jalur rayap berjelajah dari sarang ke sumber makanan yang menempel pada bagian permukaan dinding, pondasi, permukaan kayu, atau keluar dari retakan dinding bangunan dan lain-lain. Pada liang kembara yang masih aktif dapat dijumpai rayap tanah yang harus diambil untuk keperluan identifikasi.
liang kembara rayap
liang kembara rayap (image credit:istockphoto)
  • Adanya laron merupakan indikasi bahwa tidak terlalu jauh atau bahkan di dalam bangunan rumah atau gedung terdapat sarang rayap, inspektor dapat menyelusuri sumber keluarnya laron.
  • Sayap laron. Sayap laron mudah tanggal sehingga dapat dijadikan indikasi adanya aktivitas rayap di dalam atau di sekitar bangunan.
  • Kayu atau bahan berkayu yang rusak. Kayu atau  bahan berkayu yang rusak oleh rayap tanah merupakan tanda adanya aktivitas rayap tanah.
  • Kerusakan kayu atau bahan berkayu dapat juga diakibatkan oleh serangga lain yaitu kumbang dan rayap kayu kering. Indikasi serangan rayap kayu kering dikenali dari adanya butiran gerek berwarna kecoklatan atau disebut eksremen rayap kayu kering yang keluar dari kayu yang diserang, sedangkan ciri serangan kumbang adalah adanya tepung (powder) pada kayu yang digerek.

Identifikasi Spesies Rayap Tanah.

Spesimen rayap tanah yang ditemukan diidentifikasi jenisnya lihat identifikasi rayap tanah

pencarian terkait pest management:

READ
PENGENDALIAN RAYAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!