Kutu anjing dan Kutu kucing (Flea)

Kutu anjing dan Kutu kucing (Flea)

Biologi kutu anjing dan kutu kucing (flea)

Kutu Anjing dan  kucing kucing  (Flea: baca fli) ordo shipanoptera bermetamorfosis sempurna, stadia perkembangannya adalah dimulai dari telur-larva-pupa-imago, siklus hidupnya sekitar 100 hari, stadia imago merupakan stadia yang paling penting dimana pada stadia ini kutu anjing dan kutu kucing (flea) menggigit, sedangkan untuk stadia lainnya hampir tidak pernah terlihat, kutu anjing flea, memiliki ukuran tubuh± 0,16 cm – 0,1 cm, flea (baca;fli) senang tinggal pada seekor anjing saja,  itu artinya jika kutu anjing flea meloncat pada anjing anda, flea tersebut akan tinggal sampai flea tersebut mati.  Kenapa tidak pindah ke yang lainnya? Anjing Anda memiliki segala yang dibutuhkan flea untuk dapat hidup (dengan nyaman) – flea mendapat makanan dari anjing tersebut (yum!) dan mulai bereproduksi setalah mendapatkan atau menghisap darah.

Dalam beberapa minggu, flea tersebut akan meletakkan telur sekitar  18 telur setiap harinya dan telur ini akan jatuh ke dasar ketika anjing atau kucing itu pergi, jadi bulu yang jatuh atau rontok yang mengandung telur dan menyebarkan ke suatu tempat. Flea lebih cenderung memiliki suhu yang hangat dibanding dingin, jadi flea lebih memilih tinggal di dalam ruangan ketika itu hangat, flea dapat menjadi vektor penyakit pada anjing atau kucing dengan membawa bartonellosis dan tapeworm.  Imago (fase dewasa) akan menghisap darah inangnya (kucing atau anjing) pada saat hewan peliharaan tersebut tidur, setelah menghisap darah flea akan mengeluarkan tetesan-tetesan darah melalui anusnya, tetesan-tetesan darah ini akan mengering, dan akan jatuh ke dasar (lantai, karpet, tanah dll).

Tetesan-tetesan darah ini akan mengering sebagai potongan-potongan gelap yang kemudian akan jatuh ke lantai atau tanah ketika inang (hewan peliharaan/pet) bangun, mengibas-ngibaskan badannya, atau meregangkan badan. Kenapa tetesan-tetesan darah ini sangat penting? Karena larva-larva flea tidak dapat berkembang dengan baik tanpa memakan tetesan-tetesan darah tersebut.  Larva-larva flea tersebut tidak berpindah lebih dari beberapa inchi dari tempat menetasnya.

Kutu anjing dan kutu kucing
                   flea vs tick

Dimanakah telur flea sering ditemukan di rumah?

Di area dimana hewan peliharaan tidur atau istirahat, flea betina selama berada pada tubuh hewan menghasilkan telur, jika binatang peliharaan mempunyai 25 flea, sebanyak 450 telur per hari dapat jatuh ke karpet atau ke lantai, telur-telur tersebut sering ditemukan di area dimana hewan peliharaan tidur atau istirahat.  Larva flea tidak menyukai cahaya, larva akan selalu merayap di bawah, tepi atau pinggir furniture juga di bawah jok atau bantal furniture.  Infestasi flea sebagian besar ditemukan di area atau ruangan dimana hewan perliharaan biasa beristirahat atau tidur kemudian area luar, diantaranya: area teduh di bawah semak, pohon dll, khususnya area di mana hewan peliharaan beristirahat atau tidur, area rumput terbuka, khususnya yang teduh, karena flea tidak menyukai terkena cahaya.  Sebagian besar kutu akan ditemukan di dekat tempat di mana hewan peliharaan merebahkan dirinya.

Langkah pengendalian kutu anjing dan kutu kucing (flea) yang efektif

1. Persiapan pelanggan

Area yang perlu dipersiapkan oleh pelanggan diantaranya adalah: di bawah tempat tidur, bagian bawah lemari,di bawah dan di belakang furnitur seperti sofa dan love seats, area karpet, area pet bedding (sprei atau bantalan tempat istirahat kucing atau anjing).  Apa yang harus dilakukan pelanggan terhadap pet bedding (tempat tidur/tempat istirahat) hewan peliharaan yang terinfestasi flea? Seprai atau bantalan Pet bedding dapat dicuci, yang dapat membunuh semua stadia perkembangbiakan flea.  Jika tempat tidur hewan peliharaan sudah dalam kondisi tidak bagus, pet bedding dapat dibuang dan digantikan dengan yang baru. 

Hal-hal yang harus kita sampaikan dan harus dilakukan oleh pelanggan sebagai persiapan dari langkah pengendalian yang akan kita lakukan adalah ambil semua benda yang ada di lantai, termasuk benda-benda di bawah tempat tidur dan di dalam lemari, lakukan vacuuming pada berkarpet (meliputi permukaan atas dan bawah), permadani dan Upholstered furniture (furnitur yang memiliki jok atau bantalan),  lakukan vacuuming di area bagian dalam ventilasi lantai (floor vents) (terutama apabila bagian atasnya sering digunakan untuk istirahat hewan).  Upayakan agar pelanggan tidak di dalam rumah sampai aplikasi pestisida mengering.

2. Edukasi Pelanggan.

Beri informasi pelanggan terkait flea, terkait biologi, kebiasaan, perilaku serta tempat-tempat yang menjadi lokasi sarangnya.

3. Pengobatan hewan peliharaan.

Pengobatan hewan peliharaan akan efektif jika dilakukan bersamaan dengan treatment hamanya (kutunya)

4. Pemilihan alat dan metode pengendalian yang tepat

Metode yang dilakukan dapat berupa pengendalian kimia dan nonkimia.

a. Metode nonkimia seperti: vacuuming, sanitasi (pengepelan). Mengapa vacuuming sangat penting? Vacuuming memindahkan kotoran yang dapat mengikat dan atau mempengaruhi pestisida. Vacuuming ”membuka” serat karpet yang padat dan memungkinkan insektisida untuk menembus lebih baik, vacuuming memindahkan beberapa imago, telur dan larva, vacuuming dapat menstimulasi imago untuk keluar dari kokon. Area di mana diletakkannya pest bedding yang terinfestasi flea harus benar-benar divacuum dan ditreatment.  Area-area tersebut sangat penting karena sering dijadikan tempat istirahat oleh kucing

Apa yang harus dilakukan terhadap kantung vacuum cleaner setelah  melakukan vacuuming dan kenapa? Buang kantung atau pindahkan isi kantung ke tempat sampah yang ada di luar, segera setelah treatment dilakukan, jika tidak, flea yang sudah terisap akan keluar kembali atau karena kantung (dust bag) dibiarkan di dalam rumah, hal tersebut akan mengakibatkan kantung menjadi sumber infestasi.

b. Metode kimia dapat berupa spot treatment, residual treatment dan space treatment (cold fogger) Pelanggan harus berada di luar rumah sampai aplikasi pestisida mengering.

Pada umumnya, kenapa lebih sulit untuk mengendalikan flea yang ada pada kucing di rumah?  Karena kucing lebih senang untuk memanjat dan tidur atau istirahat di daerah di atas lantai, karena itu penting untuk melakukan treatment doa area di atas atau yang lebih tinggi dari lantai dimana kucing suka beristirahat. Daerah ini mungkin termasuk rak, bagian atas peralatan dan area di balik furnitur. 

Kadangkala perlu untuk melakukan treatment di area luar, diantaranya: area teduh di bawah semak, pohon dll, khususnya area di mana hewan peliharaan beristirahat atau tidur, area rumput terbuka, khususnya yang teduh, karena flea tidak menyukai terkena cahaya.

 

READ
BIOEKOLOGI BEDBUGS

pencarian terkait pest management:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!