10 Petunjuk Identifikasi Tikus

10 Petunjuk Identifikasi Tikus

Keberadaan Tikus di Suatu Area dapat Kita Ketahui Melalui Beberapa Tanda

Cermati 10 petunjuk identifikasi tikus berikut ini:

1. Kotoran tikus/feses/ Droppings.

Kotoran tikus atau feses (droppings) akan sangat berbeda antara spesies satu dengan yang lainnya, kita ambil tiga spesies umum yang ada yaitu: tikus got, tikus atap dan tikus rumah. Terlihat beda juga dipengaruhi oleh usia tikus, lama waktu feses tersebut berada di suatu area, masih fresh atau sudah lama yang ditandai dengan tingkat kekeringannya. Tempatkan trap atau bait di area dimana, dropping atas feses ditemukan.  Secara rutin menggecek dan mengidentifikasi feses jenis tikus apa yang ada di perangkap dan aktivitas terbarunya.

2. Jejak kaki dan bagian tubuh (tracks).

Banyak teknisi mengabaikan jejak (trek) ketika harus memahami hewan pengerat apa yang ada di daerah tersebut. Perhatikan area berdebu dan ruang kolong (crawl space). Tempatkan debu tidak beracun untuk menentukan aktivitas, spesies dan lokasi persembunyian.

Klasifikasi cepat: Tikus dan mencit memiliki empat jari di kaki depan dan lima jari di kaki belakang. Jejak tikus berukuran ¾ hingga 1½ inci dan lebih besar dari jejak mencit. Hewan pengerat dapat meninggalkan tanda tarik ekor (tail drag marks) di antara trek.

3. Kerusakan karena gigitan menggerogoti

Carilah puing-puing yang digerogoti, seperti serutan kayu, kertas robek, lubang di wadah, lubang di bawah meja dan lubang di sekitar pipa.

Tikus biasanya bisa membuat lubang berdiameter 2 inchi dengan sekitaran/lingkaran yang kasar. Tikus membuat lubang yang lebih kecil dan dipotong rapi.

GIGI. Selain memungkinkan bagi tikus untuk menikmati berbagai macam makanan, seperangkat gigi tikus yang mengesankan juga membantu mereka mengunyah lebih banyak. Gigi depan makhluk ini tumbuh 4 ½ hingga 5 ½ inci setiap tahun dan lebih keras dari besi atau baja. Giginya yang kuat dan tajam memungkinkan mereka untuk mengunyah hampir semua hal, termasuk blok cinder, kayu, batu bata dan pipa timah, ini hanya beberapa contoh benda saja

Tikus Got/Norway Rat

  • Berat: 10-17 ons
  • Panjang: 12-18 inci
  • Kematangan seksual: Dicapai dalam 2-3 bulan
  • Jumlah anak per kelahiran: 6-12
  • Jumlah kelahiran: 4-7 per tahun (Dengan periode kehamilan sekitar 21 hari, tikus adalah mesin pembuat bayi. Anak-anak mereka menjadi subur pada usia lima minggu. Dengan demikian, apa yang dimulai sebagai sepasang tikus dapat berubah menjadi 1.000 tikus dalam satu tahun.
  • Makanan sehari-hari: 1 ons makanan
  • Konsumsi air: 28,35 ml air/hari
  • Lama hidup: 18 bulan

Tikus got/Norway Rat memiliki hidung tumpul, telinga kecil dan ekor pendek. Tikus got adalah tikus yang gempal dan bertubuh berat. Tikus ini relatif besar. Dari keadaan diam, tikus got ini dapat melompat secara vertikal hampir 0,6 m (2 kaki). Mereka juga bisa lompat jauh sekitar 10,6 m (3,5 kaki).

Tikus Atap

  • Berat: 8 ons
  • Panjang: 13-17 inci
  • Kematangan seksual: Dicapai dalam 2-3 bulan
  • Jumlah anak per kelahiran: 6-8
  • Jumlah anak: 4-6 per tahun
  • Makanan sehari-hari: 1 ons makanan
  • Konsumsi air: 28,35 ml (1 ons) air
  • Jangka hidup: 18 bulan

Tikus atap tidak selalu hitam, itulah sebabnya mengatakan tikus atap adalah contoh bagus mengapa teknisi tidak bisa mengidentifikasi hama hanya dari warnanya. Ciri fisik lainnya termasuk hidung runcing, ekor lebih panjang dan telinga yang lebih besar. Mereka juga memiliki jari yang lebih panjang, yang menjelaskan kemampuan memanjat mereka yang sangat baik.

Tikus Rumah

  • Berat: ¾ ons
  • Panjang: 6-7 inci
  • Kematangan seksual: Mencapai dalam 1 bulan
  • Jumlah anak per kelahiran: 5-6
  • Jumlah kelahiran: 8 per tahun
  • Makanan harian: 0,1 ons makanan
  • Konsumsi air: 1,47 ml (0,05 ons) air
  • Rentang hidup: 15-18 bulan

Tikus rumah memiliki telinga yang cukup besar dan berbeda. Warna bulu berkisar dari coklat muda sampai hampir hitam. Kebanyakan strain field berwarna abu-abu kehitaman, tetapi yang lain mungkin berwarna coklat muda sampai abu-abu tua dengan perut sedikit lebih terang atau warna krem ​​yang sangat terang. (Sumber: Mallis Handbook of Pest Control, Edisi ke-10)

4. Lubang Tikus.

Liang adalah tanda yang jelas dari tikus norways. Lubangnya bisa berdiameter 3 inci. Liang aktif bebas dari vegetasi dan memiliki tanah segar di sekitar pintu masuk. Periksa di dekat dinding, fondasi, di bawah semak, kandang anjing, rel kereta api, dan tempat makan burung. Perhatikan hewan penggali lainnya seperti tupai, tikus, dan voles.

5. Noda urine.

Urine bisa dideteksi dengan black light. Dapat meninggalkan noda pada panel plafon dan memiliki bau yang berbeda.

6.Bau.

Hewan pengerat secara umum memiliki bau yang khas. Seiring pengalaman dan jam terbang, bau ini dapat dengan mudah, cobalah sesekali pergi ke area yang ada tikusnya, kenali baunya, terutama dari bau urine nya, kelak kita akan dapat mengenali jika suatu saat mencium aroma yang sama bahwa itu adalah bau urine tikus.

7. Penampakan hewan pengerat.

Jika hewan pengerat – yang merupakan spesies nokturnal – terlihat pada siang hari, ini dapat mengindikasikan populasi yang besar. Inspeksi malam hari dapat membantu menentukan cakupan permasalahan tikus yang ada. Datanglah ke area yang berpotensi aktivitas/infestasi tikus baik setelah senja atau sebelum fajar.  Tikus memiliki karakteristik perilaku menarik yang membuat mereka sangat sulit ditangkap dan sulit dipisahkan dari kelompoknya. Mereka adalah makhluk yang sangat penakut dan bersifat rahasia secara alami. Tikus aktif pada malam hari, bisa melihat dalam kegelapan dan selalu waspada. Semua ini untuk mengatakan, cukup langka untuk mengejutkan tikus. Inilah sebabnya mengapa orang biasanya tidak menyadari bahwa mereka terinfestasi tikus sampai seluruh koloni mereka tinggal di dinding rumah/fasilitas mereka.  Ketika tikus terlihat di siang hari atau keluar di tempat terbuka, Anda memiliki masalah yang nyata.

8. Suara.

Dengarkan baik-baik suara menggerogoti atau mencicit hewan pengerat muda yang berkelahi.

9. Jalur Tikus (runways).

Begitu hewan pengerat menemukan jalur yang berhasil, mereka akan menjelajahinya berulang kali. Jejak terkadang dapat dilihat melalui rumput atau di lapangan, jalur tikus ini merupakan salahsatu dari 10 petunjuk identifikasi tikus

10. Grease Mark (tanda minyak).

Salah satu dari 10 petunjuk identifikasi tikus yang sering terlewatkan adalah grease mark. Grease mark menunjukkan seberapa sering lubang atau jalan digunakan oleh hewan pengerat. Grease mark ditimbulkan karena bekas gesekan badan tikus yang berminyak (minyak ini membantu tikus untuk dapat dengan mudah melewati lubang-sebagai “pelumas”) bekas gesekan inilah yang meninggalkan noda bekas gesekan dengan warna kegelapan pada jalur yang dilalui oleh tikus, semakin sering dilalui maka semakin Nampak jelas tandanya, dinding jauh lebih gelap di dekat lubang atau jalur yang dilalui hewan pengerat.

grease mark dari 10 petunjuk keberadaan tikus
grease mark dari 10 petunjuk keberadaan tikus

Semakin banyak kita belajar tentang tikus, semakin mudah untuk memahami bagaimana mereka bertahan hidup hampir pada setiap iklim dan kondisi. Perpaduan unik dari ciri-ciri fisik dan perilaku mereka telah memungkinkan mereka untuk bertahan hidup selama jutaan tahun – dan kemungkinan untuk satu juta tahun yang akan datang.

 

READ
ISPM 15 (International Standards for Phytosanitary Standards #15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!